Reverse Osmosis Untuk Limbah Minyak 

Reverse osmosis untuk limbah minyak dilaksanakan pada tahun 2013, di site pengolahan air limbah di Chevron Oil Company di Kepulauan Riau.  Tujuan dari pemasangan reverse osmosis adalah untuk menurunkan TDS sebelum dibuang ke saluran drainase umum.

Badan Pengawasan Lingkungan Hidup di daerah tentunya sangat memantau air limbah yang akan dihasilkan akibat adanya explorasi.  Untuk itu agar produksi tidak terganggu, maka fungsi water treatment reverse osmosis untuk limbah minyak ini harus bekerja dengan baik.

Kondisi di lapangan saat air buangan untuk “water for injection” mempunyai TDS yang cukup tinggi, yaitu berkisar 4000 – 12,000 ppm.  Sementara diharapkan air WFI tersebut nilai TDS sekitar maksimum 2000 ppm.

 

Desain Pengolahan Limbah Minyak Dengan Reverse Osmosis (H2)

Desain Pengolahan Limbah Minyak dengan reverse osmosis ini tidak semata-mata hanya tergantung dengan water treatment.  Namun yang juga jadi sistem utama adalah adanya bak penampungan (pond) yang volumenya cukup besar.

Pada sistem ini dilengkapi dengan 3 unit pond dengan struktur beton yang cukup baik.  Tujuan dari pembuatan pond ini agar bisa menampung sejumlah curah hujan, sehingga diharapkan bisa mengurangi TDS yang ada di dalam bak.  Disamping itu juga, dengan adanya pond yang lebih luas maka memudahkan mengatur “water balance” ketika terjadi penumpukkan volume limbah.

Pemasangan reverse osmosis untuk limbah minyak ini diikuti oleh pemasangan pre-treatment yang baik.  Komponen pre-treatment terdiri dari clarifier, multimedia filter, carbon filter dan cartridge filter.  Untuk mencapai kondisi yang optimal dibutuhkan juga beberapa dosing pump.

Kapasitas dari plant ini adalah 2 X 13 M³/Jam, dimana operasionalnya akan bergantian.  Namun ketika terjadi peningkatan produksi, maka sistem bisa dirubah untuk berfungsi secara bersamaan.

 

 

pengolahan air limbah

Pengolahan Air Limbah Dengan Reverse Osmosis

Pengolahan Air Limbah Dengan Reverse Osmosis Pengolahan Air Limbah atau waste water treatment pada pengolahan pengeboran minyak adalah industri yang dalam produksi dan prosesnya menghasilkan limbah cair.  Pemasangan pengolahan air limbah menjadi keharusan, agar system industri secara keseluruhan berfungsi dengan baik. Tahun 2013 tim mapurna melakukan pemasangan pengolahan air limbah untuk pengolahan limbah minyak.  Lokasi…

View Details