mobil air bersih

Mobil Air Bersih Adalah Water Treatment Bergerak Memproduksi Air Bersih dan Air Minum

Mobil Air Bersih adalah sistem water treatment yang akan menghasilkan air minum atau air bersih.  Penggunaan kata “mobil”, bukan semata – mata bentuknya hanya kendaraan, tetapi bisa juga sebagai kontainer/box yang bergerak.  Istilah dari sistem ini juga sering menggunakan mobil penjernih air atau mobil air minum.

Di dalam mobil atau container box terdapat sistem pengolahan water treatment, yang umumnya menggunakan jenis membran. System membrane yang terpasang bervariasi seperti ultrafiltrasi, nanofiltrasi dan reverse osmosis. Namun system membrane ini juga menggunakan pretreatment dan prefilter sebelum masuk ke membrane.

Mapurna utama sudah mempunyai pengalaman yang cukup dalam perakitan dan pemasangan untuk pemerintah dan militer.  Bahkan untuk kebutuhan militer, sudah mempunyai Sertifikat Laik Militer.

Apakah Sistem Mobil Air Bersih?

Sistem mobil air bersih adalah pengolahan air water treatment system yang bisa berpindah.  System ini menggunakan sebuah mobil box truck (setara roda 4 dan roda enam), atau bisa juga menggunakan box container khusus.  Penggunaan box bisa lebih flexible dan murah, karena bisa di desain dengan ruang terbatas.

Saat ini mobil penjernih air maupun mobil air minum, menjadi populer seiring terjadi bencana di beberapa daerah.  Sistem ini akan menyediakan air bersih ke mana pun, karena mudah memindahkannya.  Selain kebutuhan bencana, juga untuk suplai air bersih atau air minum untuk proyek yang berpindah.

Desain mobil air bersih untuk militer atau polisi biasanya lebih khusus. Misalnya penggunaan mobil truck menggunakan jenis four-wheel, sehingga bisa menjangkau area  ekstrem.  Namun system standar, hanya menggunakan jenis truck umum.

Pengertian mobil air bersih ini juga bisa menggunakan box container 20 feet atau 40 feet.  Desain ini lebih popular untuk kebutuhan site pertambangan dan proyek oil and gas. Istilah nama lain dari sistem ini juga menyebutnya dengan sistem mobile water treatment.

mobil air bersih
Mobil Air Bersih Truk 4 Roda (engkel)

Bagaimana Cara Kerja Sistem Pengolahan Air Pada Mobil Air Bersih?

Cara kerja sistem pengolahan air pada mobil air bersih tentunya mempunyai konsep yang sama dengan di site atau di ruangan.  Sistem ini memulainya dari pengambilan air baku, sampai tangki air hasil.  Pada sistem yang langsung untuk bencana, bahkan menyiapkan sekaligus dengan port air panas.

Hampir sebagian besar desain mobil air bersih menggunakan teknologi membrane, baik ultrafiltrasi maupun reverse osmosis.  Namun untuk memastikan mendapatkan air hasil yang baik, maka sistem menggunakan kombinasi antara sistem mikro filtrasi dan sistem membrane.

Kapasitas dari mobil air minum maupun mobil penjernih air, umumnya hanya membutuhkan kapasitas antara 1 – 2 M³/Jam untuk air minum.  Namun untuk penyediaan air bersih, terkadang kapasitasnya lebih besar berkisar 2 – 5 M³/Jam.  Dengan kapasitas, sudah cukup untuk sekitar 400 – 500 orang.

Cara kerja mobil air bersih adalah tahapan – tahapan pengolahan yang terdiri dari beberapa komponen system.  Langkah – langkah pada cara kerja ini akan menggunakan 5 tahapan yang umum.  Kami menguraikan tahapan proses pada mobil air minum atau mobil penjernih air, seperti penjelasan di bawah ini.

System Pengolahan Air Baku

System pengolahan air baku ini umumnya menampungnya terlebih dahulu.  Air baku di sedot melalui pompa menuju bak air baku.  Karena ini sistemnya adalah mobile, maka jenis bak air baku menggunakan material yang flexible bisa di lipat.  Kapasitas bak air baku ini umumnya hanya  2 – 3 M³.

Ada beberapa sumber air untuk kebutuhan mobil air bersih, seperti air tanah, air PAM, air sungai, air dana, air payau dan air laut.  Khusus untuk air payau dan air laut harus terjadi pemilihan sejak awal merencanakan desainnya.  Karena dengan system yang tidak tepat, maka system mobil air minum atau mobil penjernih air tidak berfungsi.

Pada sumber air sungai atau yang mempunyai tingkat endapan (suspended) tinggi, kadang membutuhkan treatment awal untuk sekedar mengendapkannya.  Desain pada mobil air bersih tentu tidak sama dengan sistem di site.  Terkadang proses pengendapan ini di abaikan saja.

System Pretreatment Mobil Air Bersih

Proses pengolahan air di mobil air bersih sangat membutuhkan pemasangan pretreatment.  Dengan adanya pretreatment maka kerja membrane akan lebih lama fungsinya.  Apalagi kalau air baku banyak mengandung endapan, maka dengan seketika akan membuat fungsi membrane gagal.

Penggunaan Pretreatment pada mobil air bersih ini terdiri dari beberapa jenis, misalnya multimedia filter, carbon filter dan manganese filter.  Namun sebelum masuk ke unit pretreatment, system mempunyai “mechanical screener” yang berfungsi untuk menangkap partikel besar.

Pemasangan pretreatment sebaiknya cukup dua unit saja, hal ini karena dengan semakin banyak pretreatment akan membutuhkan ruang yang lebih besar.  Tentu standar ini tidak mencukupi sebagai syarat yang baik, namun agar efisien tempat lebih baik menghilangkannya.

Jenis filter multimedia filter (MMF) selalu ada pada system mobil air bersih.  Pada air baku dengan kualitas buruk, biasanya harus menambah PREFILTER.  Jenis prefilter adalah Bag Filter dengan micron rating 100 – 200 microns.  Bag filter ini yang menjaga agar air lebih bersih sebelum masuk membrane.

System Membrane Untuk Mobil Air Bersih

Setelah proses system pretreatment selanjutnya masuk ke system membrane.  Pada ukuran mobil air bersih yang agak besar, system membrane mempunyai dua jenis yaitu ultrafiltrasi dan reverse osmosis.  System ultrafiltrasi akan menghasilkan air baku yang bersih, nantinya berfungsi sebagai suplai air bersih.

Setelah melalui sistem ultrafiltrasi, maka proses melalui membrane reverse osmosis.  Pada membrane reverse osmosis maka bakteri dan virus akan hilang.  Serta dengan membrane reverse osmosis, maka kadar garam akan jauh berkurang berkisar 98 – 99%.

Untuk mobil air minum yang memang di khususkan menggunakan air baku dari air laut, maka pemilihan jenis membrane RO harus menggunakan membrane air laut.  Apabila desain mobil air bersih ini pada awalnya menggunakan membrane air tawar atau air payau, maka tidak bisa menggunakannya untuk pengolahan air laut.

Jika menggunakan sumber air laut, maka membutuhkan power elektrik lebih besar, konsekuensinya power generator lebih besar.  Catatan lainnya adalah sistem membrane untuk air laut hanya mempunyai recovery 25 – 30%, sehingga pada kapasitas yang sama membutuhkan dimensi reverse osmosis lebih besar.

System Post Treatment Mobil Air Bersih

Setelah proses membran, akan menghasilkan air produk dengan TDS rendah.  Namun terkadang mempunyai pH yang masih rendah, misalnya 5.5 – 6.  Faktor yang menyebabkan pH rendah adalah pada system reverse osmosis cenderung menurunkan pH air baku, agar potensi “scaling” lebih kecil.

Agar air produk mobil air minum mendapatkan pH normal, maka perlu menambahkan kimia pH adjustment.  Dengan penambahan pH adjustment, maka akan mendapatkan nilai pH sekitar 6,5 – 7 sesuai SK PermenKes.

Fungsi mobil penjernih air ini agar bisa sampai tahap air minum, maka harus menghilangkan unsur mikro biologi bakteri dan virus.  Untuk itu pada system pemipaan output harus menambahkan ultraviolet (UV) unit.   Jika sudah menambahkan UV, maka air produk mobil air bersih siap langsung diminum (drinkable).

Hal penting yang menjadi catatan desain membrane pada mobil air bersih adalah bahwa sistem tidak bisa IDEAL seperti halnya pemasangan pada site project atau di perusahaan.  Sistem ini akan mengabaikan agar membrane bertahan lama, sehingga membrane akan lebih sering menggantinya.

System Electronic Control Mobil Air Bersih

System electronic control untuk mobil air bersih, akan menggabungkan semua komponen utama, komponen tambahan dan instrumentasi.  Pada sistem water treatment plant akan terhubung ke power listrik utama yaitu power generator (genset).  Serta sistem juga ada opsi menghubungkannya dengan sumber listrik 220V/380V.

Control system pada mobil air bersih mempunyai dua opsional yaitu dengan NON – PLC dan PLC (programable logic control).  Pilihan menggunakan dengan Non – PLC lebih baik mengingat saat ada trouble di lapangan, lebih mudah memperbaikinya.  Faktor lainnya lebih mudah operasionalnya.

Sedangkan dengan PLC umumnya lebih rumit, karena harus menghubungkannya dengan instrumentasi yang mempunyai output 4 – 20 mA.  Variabel dan parameter ini yang terkadang kesulitan, jika membutuhkan kalibrasi.  Apalagi sistem PLC plus HMI (human machine interface), harus memperbaikinya oleh tim khusus.

Apa Saja Jenis Mobil Air Bersih?

Jenis mobil air bersih ada beberapa macam, seperti Model Steel Box, Model Mobil Truck dan Model Container 20 feet atau 40 feet.  Masing – masing jenis tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya, tergantung tujuan dan budget yang tersedia.  Pastinya mobil air bersih model steel box yang paling ekonomis biayanya.

Mobil Air Bersih Model Steel Box

Model Mobil Air Bersih Model di tarik ini membutuhkan kendaraan yang lebih kuat untuk menarik box water treatment.  Karena dimensinya kecil, maka beratnya ringan dan menarik box ini lebih mudah.  Cara pengiriman steel box sangat mudah, hanya mengaitkan steel box ini dengan mobil truk kecil atau mobil pick-up.

Pembuatan mobil penjernih air ini bisa memesan dengan spesifikasi sesuai kebutuhan.  Dimensi model steel box bisa di desain sangat minimalis atau juga lebih besar.  Begitu juga perlengkapan water treatment, bisa menambahkan sesuai kebutuhan dan juga perlengkapan tambahan.

Jenis steel box mobil air minum bisa memilih dengan opsi RODA DUA atau RODA EMPAT.  Pemilihan roda empat akan lebih stabil, ketika mendapatkan beban yang lebih berat.  Atau jumlah komponen water treatment lebih banyak karena kapasitas yang lebih besar.  Keuntungan roda empat, ketika pecah ban, akan lebih aman.

Mobil-Penjernih-Air-Roda-2-Ringan

Cara Menarik Mobil Air Bersih Model Steel Box

Dalam hal mobilisasi atau pengiriman mobil air bersih jenis steel box, bisa menggunakan mobil derek untuk menarik mobil macet di jalan tol.  Mobil derek ini sangat sesuai untuk menarik, mengingat spesifikasi mobil derek ini sudah khusus.  Alternatif lainnya bisa menggunakan mobil derek dari “mobil storing” bengkel mobil.

Apabila terpaksa tidak menggunakan mobil derek khusus, bisa juga menggunakan truk “engkel” yang sudah ada pengait derek.  Pengalaman tim mapurna, bahkan mobil pick – up 1300 cc juga sudah bisa sebagai penarik jenis ini.

Mobil Air Minum
Metode Menarik Mobil Air Minum Dengan Mobil Derek

Cara Pengangkutan Mobil Air Bersih Model Steel Box

Cara pengangkutan mobil air bersih ini harus memerlukan alat dan kendaraan lainnya.  Secara prinsip steel box ini bisa mengirimnya ke seluruh Indonesia. Photo di bawah menunjukkan cara pengangkutan unit model steel box dengan menggunakan mobil crane khusus.

Mobil Air Bersih
Cara Pengangkutan Mobil Air Minum Dengan Menggunakan Derek

Mobil Air Bersih Jenis Mobil Truk

Mobil air bersih model mobil truk lebih popular, namun tentunya biaya lebih tinggi daripada jenis steel box.  Dari segi mobilisasi, mobil truk sangat cepat dan bisa menjangkau kondisi yang lebih sulit.  Serta mempunyai dimensi yang lebih luas untuk penyediaan ruang water treatment system.

Biaya pengadaan mobil truk tentu sangat besar, belum lagi berhubungan dengan biaya ijin lainnya.  Di samping biaya pengadaan mobil, pembuatan kontainer box umumnya harus menggunakan fabricator karoseri.  Dengan karoseri maka ketentuan desain yang berhubungan dengan pembuatan pintu hidrolik lebih memahaminya.

Jenis ini biasanya membutuhkan ijin tambahan seperti SURT dari instansi terkait.  Tentunya ijin ini berhubungan dengan pembatasan dimensi kontainer dari sisi lebar dan tinggi, agar tidak membahayakan ketika berada di jalan umum.

Mobil Air Bersih
Mobil Air Minum Dengan Mobil Truk Engkel 4 Ban. Sistem dengan RO Air Laut Kapasitas 500 Lieter/Jam

Mobil Air Bersih Model Container 20 Feet

Mobil air minum jenis container 20 feet lebih umum daripada dimensi 40 feet.  Walaupun menggunakan container namun masih menyebutnya dengan istilah MOBIL, karena mudahnya berpindah ke tempat lainnya.

Model ini menggunakan container peti kemas 20 feet yang mudah memperolehnya di pasar umum.  Penggunaan container 20 feet sangat cocok untuk sistem water treatment, karena bisa sekaligus untuk ruang kantor pemeliharaan.

Dengan menggunakan container maka ruang yang tersedia lebih besar daripada dengan model yang lain.  Keuntungan lainnya adalah dengan container lebih aman karena bisa melengkapinya dengan pintu yang terkunci.

Penggunaan mobil penjernih air model container 20 feet ini cocok untuk pertambangan dan oil dan gas.  Hal ini mengingat pada kondisi lapangan seperti ini, akan lebih sering berpindah.

Mobil Air Bersih Untuk Militer dan Polisi

Mobil air bersih untuk MILITER atau POLISI harus merakitnya lebih kuat, karena akan berfungsi layaknya perlengkapan militer.  Hal lainnya adalah jenis untuk militer dan polisi ini mampu terkoneksi secara cepat, untuk itu pemilih port koneksi yang berhubungan dengan air baku, air produk dan air buangan harus mudah terkoneksi.

Mobil Air Minum

Sertifikat Laik Militer Mobil Penjernih Air Untuk Produksi MAPURNA

Setelah suplai dan penilaian mobil penjernih air, maka produk yang baik akan mendapatkan uji kelayakan dengan pemberian SERTIFIKAT LAIK MILITER.  Sertifikat ini menunjukkan bahwa produk mobil penjernih air tersebut sudah melalui uji fungsi juga uji laik militer.

Hubungi mapurna utama, sebagai salah satu partner water treatment di Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun.

sertifikat kelaikan militer