RO Filter Air, Pemeliharaan dan & Mesin Filter Air RO

ro filter air

Secara luas RO filter adalah salah satu metode penyaringan air yang paling efektif.   Reverse osmosis (RO) akan melakukan penyaringan air yang bersih, serta bebas bakteri dan virus.  Beberapa aplikasi sudah menggunakan Sistem RO filter air, termasuk penyaringan untuk seluruh rumah, keran, akuarium, dan restoran.

Di bawah ini Anda akan menemukan apa itu RO filter air, bagaimana prosesnya, serta harga mesinnya.  Anda juga bisa melihat mesin RO filter untuk kebutuhan komersial dan industri.  RO filter mempunyai 2 dasar klasifikasi yaitu berdasarkan kapasitas dan kadar garamnya. Pada penjelasan ini, tidak menguraikan RO filter untuk rumah tangga.

RO filter adalah proses di mana tekanan air mendorong air umpan melalui membran semipermeabel.  Proses ini memungkinkan molekul air yang relatif kecil, untuk melewati pori – pori membrane.  Akibat proses ini, memperoleh air murni dengan sebagian besar zat dalam air akan hilang.

Penggunaan teknologi ini awalnya untuk solusi:

  • Desalinasi air payau atau air laut untuk membuat air bersih atau air minum.
  • Mengurangi kontaminan kimia yang sangat spesifik seperti logam berat

Perbedaan beberapa jenis RO filter air akan berbeda berdasarkan kapasitasnya dan jenis kadar garam air baku.

Menggunakan RO filter air untuk kebutuhan air bersih dan air minum, sudah menjadi hal biasa.  Namun untuk industri, RO filter system juga bisa menggunakannya untuk air produksi dan air boiler.  Bahkan bisa menggunakannya juga untuk pengolahan air limbah, khususnya limbah cair dengan TDS tinggi.

Berdasarkan kapasitas produksinya, RO filter mempunyai klasifikasi: RO Komersial, RO Medium, RO Industri.   Sedangkan berdasarkan kadar garamnya, RO filter mempunyai klasifikasi RO air tawar, RO air payau dan RO air laut.

Pemasangan Reverse Osmosis Filter di Pulau Flores

Pemeliharaan RO Filter

Kapan RO filter di service?  Indikator yang paling mudah untuk melihat kapan waktu melakukan service adalah adanya penurunan kapasitas produksi.  Adanya penurunan kapasitas, bisa melihatnya pada flow meter di unit RO filter.  Apabila sudah menurun, lakukan segera cleaning membrane.

Pada umumnya pada unit RO filter air mempunyai dua buah flow meter yang berfungsi sebagai indikator.  Flow meter tersebut adalah Flow Meter Permeate (Produk) dan Flow meter concentrate (air buangan).

Flow Meter mempunya 2 jenis, yaitu jenis Rotameter dan jenis Elektronik. Jenis rotameter mudah memasangnya dan biayanya lebih rendah. Sedangkan untuk yang jenis elektronik pemasangannya untuk kapasitas yang lebih besar. Misalnya lebih besar 5 M³ /Jam.

Pertimbangan lainnya menggunakan flow meter elektronik adalah adanya system control yang terpusat, sehingga biasanya flow meter Elektronik terkoneksi dengan PLC dan DCS room.

Prefilter

Hal lainnya yang memerlukan perhatian untuk RO filter service adalah pergantian filter prefilter cartridge.  Pergantian prefilter akan lebih sering daripada membrane, misalnya sebulan sekali.  Sedangkan membrane biasanya 2 – 3 tahun sekali.

Filter air minum RO sebaiknya kalau sudah mampat lakukan pergantian, jangan melakukan pembersihan atau cleaning.  Untuk RO filter type commercial umumnya menggunakan RO filter 20inch berupa cartridge filter wound polypropylene atau spun.

RO Filter Air

Disamping kebutuhan akan air bersih dan air minum, RO filter system juga digunakan untuk air produksi dan air boiler di beberapa industri.
Dalam teknologi reverse osmosis ada beberapa istilah, seperti recovery, rejection, permeate, concentrate, tap water, brackish water, sea water, dll. Istilah ini akan didiskusikan pada beberapa ulasan dibawah ini.

Hal lainnya yang digunakan dalam pemasaran RO filter system adalah adanya beberapa type kapasitas dan jenis air baku yang digunakan. Adapun pembagiannya sebagai berikut : RO Komersial, RO Medium, RO Industri, RO Air Payau, RO Air Laut.

Pemeliharaan RO Filter

Kapan RO filter di service?  Indikator yang paling mudah dilakukan untuk melihat kapan waktu dilakukan service adalah adanya penurunan kapasitas produksi.  Penurunan ini bisa dilakukan dengan melihat flow meter yang terpasang pada unit RO filter.

Pada umumnya pada unit Reverse Osmosis terdapat dua buah flow meter yang digunakan sebagai indikator.  Flow meter tersebut adalah Flow Meter Permeate (Produk/hasil) dan Flow meter concentrate (air buangan/air rijek).

Flow Meter mempunya 2 jenis, yaitu jenis Rotameter dan jenis Elektronik. Jenis Rota meter mudah memasangnya dan biayanya lebih rendah. Sedangkan untuk yang jenis elektronik pemasangannya untuk kapasitas yang lebih besar. Misalnya lebih besar 5 M³ /Jam.

Pertimbangan lain menggunakan flow meter digital adalah adanya system control yang terpusat, sehingga biasanya flow meter digital terkoneksi dengan PLC dan DCS room.

Hal lainnya yang memerlukan perhatian untuk RO filter service adalah pergantian filter prefilter cartridge. Pergantian prefilter akan lebih sering daripada membrane, misalnya sebulan sekali. Sedangkan membrane biasanya 2 – 3 tahun sekali.

Filter air minum RO sebaiknya kalau sudah mampat lakukan pergantian, jangan melakukan pembersihan atau cleaning.  Untuk RO filter type commercial umumnya menggunakan ro filter 20 inch berupa cartridge filter wound polypropilene atau spun.

Bagaimana Kualitas Air RO Filter?

Kualitas air RO filter umumnya mempunyai kandungan mineral yang rendah, kadang menyebutnya dengan air non-mineral atau high purity water.  Namun akibat dari hilangnya sebagian besar mineral, maka akan menyebabkan pH air menjadi lebih rendah.

Masalah pH rendah saat ini mudah memodifikasi, beberapa metode menaikkan pH dengan kalsium karbonat dengan mudah akan menaikkan pH.  Ada juga produk mineral kristal yang akan membantu menaikkan pH air.

Unsur Apa Yang Hilang Oleh RO Filter?

System reverse osmosis akan menghilangkan kontaminan dari air termasuk bakteri, virus, nitrat, sulfat, fluoride, arsenik dan banyak lagi. RO Filter juga akan menghilangkan mineral sehat seperti magnesium, kalsium, kalium dan natrium. Secara keseluruhan RO Filter dapat menghilangkan 100-an zat di dalam air dengan tingkat efisiensi filtrasi 99% atau lebih tinggi.

System RO filter tidak menghilangkan klorin atau melunakkan air dengan sangat efisien. Karbon aktif juga membantu menghilangkan 70+ kontaminan lain seperti pestisida, herbisida, klorin bi-produk, obat-obatan dan banyak lagi.

Di bawah ini beberapa elemen yang bisa menurunkan unsur mineral dengan menggunakan RO filter system:

  • Fluoride? Ya.
  • Garam? Ya.
  • Sediment? Ya.
  • Chlorine? Ya.
  • Herbisida dan Pestisida? Ya.
  • Dan banyak lagi kontaminan.
  • Bakteri? Ya
  • Virus? Ya.

RO filter system akan menghilangkan “TDS” (larutan padat tidak terlarut) seperti arsenic dan fluoride melalui membrane RO.

Karena ukuran membrane RO filter sangat kecil, maka mudah untuk menghilangkan Bakteri dan Virus.  Namun, karena mikro organisme maka umumnya ada kekhawatiran bisa tumbuh di dalam membrane RO filter.  Untuk itu lebih baik ditambahkan Ultra Violet unit, agar terjamin bebas bakteri dan virus.

RO Filter Menghilangkan Mineral

RO Filter menghilangkan lebih dari 98-99,99% mineral dan mikro biologi. RO menghilangkan mineral karena mereka memiliki molekul yang lebih besar daripada air.  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membuat klarifikasi bahwa tubuh manusia membutuhkan sebagian besar mineral sehat berasal dari makanan, bukan dari minum air. Selain itu, tidak semua mineral dalam air mempunyai fungsi yang baik, bahkan ada mineral tertentu justru harus membuangya.

Berapa pH dan PPM RO Air?

Setelah pemasangan RO filter system, maka ada dua unsur yang pasti akan menurun nilainya daripada air bakunya.  Kedua unsur tersebut yaitu pH dan PPM dalam air.

Berapa pH Air RO Filter?

Air RO filter cenderung sedikit asam dengan pH 5-6. Ini karena membran semi-permeabel akan menyaring kontaminan, tetapi tidak mampu menyaring CO2 – yang juga dapat larut dalam air setelah melewati membrane. Kehadiran CO2 terlarut membuat air sedikit asam.

Sementara Air mineral tidak cukup asam karena ada senyawa lain di dalamnya yang menyeimbangkan pH keluar.  Karena air RO sangat dekat dengan air murni, maka CO2 dapat larut di dalamnya dengan sangat mudah.

Berapa PPM Air RO Filter?

PPM adalah satuan ukur dari TDS atau total dissolve solid

Apakah T D S?

Total padatan terlarut (TDS) mewakili total gabungan dari semua zat organik dan anorganik dalam air. Total padatan terlarut yang ada dalam air adalah salah satu penyebab utama partikel dan sedimen dalam air minum, yang memberi air warna, bau, dan rasanya, dan dapat menjadi indikator umum kualitas air.

Nilai TDS (PPM) Kualifikasi
Lebih Kecil 300 Sangat Baik
300 - 600 Baik
600 - 900 Lumayan
900 - 1200 Tidak Baik
Lebih Besar 1200 Tidak Diterima

Mesin RO Filter Air?

RO filter system ada beberapa produk, yang membedakan oleh kapasitas dan jenis air bakunya.  Bagaimana cara memilih Model RO sebaiknya memiliki data analisa air baku, walaupun hanya 1 – 2 parameter saja.

Belakangan ini beberapa industri juga sering menggunakan Nano Membrane Filtrasi yang umumnya digunakan untuk menurunkan kadar mineralogi yang rejeksinya tidak terlalu tinggi.  Keuntungan menggunakan jenis membrane ini adalah kebutuhan power elektrik yang cukup rendah.

Di bawah ini adalah pilihan produk RO filter system yang di produksi oleh mapurna, yaitu :

  • Reverse Osmosis Komersial : type ini terdiri dari 4 jenis kapasitas dan hanya untuk air baku dari air tap water, kapasitasnya 250 ltr/jam, 500 ltr/jam, 750 ltr/jam dan 1000 ltr/jam.
  • Reverse Osmosis Medium : type ini terdiri dari 5 jenis kapasitas dan hanya untuk air baku dari air tap water, kapasitasnya 1,5 M³/Jam, 2 M³/Jam, 2,5 M³/Jam, 3 M³/Jam dan 3,5 M³/Jam.
  • Reverse Osmosis Industri : type ini terdiri dari 7 jenis, jenis air baku bisa menggunakan air tawar dan air payau sedang. Kapasitasnya adalah : 5 M³/Jam, 7 M³/Jam, 9 M³/Jam, 11 M³/Jam, 14 M³/Jam, 17 M³/Jam, 22 M³/Jam
  • Reverse Osmosis Air Payau : type ini terdiri dari 6 jenis, jenis air baku adalah air payau max 8000 ppm. Kapasitasnya : 4 M³/hari, 8 M³/hari, 11 M³/hari, 17 M³/hari, 22 M³/hari dan 38 M³/hari.
  • Reverse Osmosis Air Laut : type ini terdiri dari 7 jenis, dengan air baku air laut TDS 36000 – 40000 ppm, adapun kapasitasnya adalah : 1,3 M³/hari, 2,2 M³/hari, 4 M³/hari, 6 M³/hari, 11 M³/hari, 17 M³/hari dan 22 M³/hari. Untuk kapasitas yang lebih besar, adalah special inquiry secara customize.
  • Fresh Water Maker : type ini pada intinya adalah untuk RO air laut, berfungsi untuk fasilitas di kapal atau offshore. Mapurna hanya menyiapkan 2 unit standar yaitu kapasitas 5 M³/hari dan 10 M³/hari.

Jenis dan Merk Membrane RO Filter

System reverse osmosis menggunakan beberapa jenis membrane untuk pengolahan air dengan RO filter.  Jenis membrane harus menyesuaikan aplikasinya, misalnya untuk mengolah air tanah, air permukaan atau air limbah.  RO filter juga bisa menggunakannya untuk pengolahan air sungai, danau, sumur, dan laut.

Di bawah ini akan menjelaskan jenis dan merk membrane untuk komersial dan industrial.

Jenis Membrane RO Dari Pemilihan Aplikasi TDS

Jenis membrane RO dari kandungan kadar garam mempunyai 3 jenis yaitu Air Tawar (Tap Water), Air Payau (Brackish Water) dan Air Laut (Sea Water).  Di bawah ini klasifikasi jenis air berdasarkan kadar garamnya:

TDS Pada Beberapa Sumber Air Baku

Jenis Air Kadar Garam – TDS (ppm)
Air Tawar < 1000
Air Payau 1000 – 8000
Air Laut 8000 – 45000

Jenis Membrane RO Filter Dari Struktur Material Membrane

Terdapat 2 jenis type membrane, yaitu cellulose acetate (CA) and thin film composite (TFC) atau Polyamide (PA).

Membrane CA menggunakannya untuk sumber air yang berkaporit (chlorine), tujuannya tidak perlu lagi menggunakan carbon filter untuk menurunkan kadar kaporitnya.  Di beberapa negara di luar Indonesia, penggunaan membrane ini lebih banyak, hal ini mengingat infrastruktur air PAM sudah lebih baik.

Sebaliknya penggunaan membrane TFC lebih banyak di Indonesia, mengingat lebih banyak sumber air yang dari air tanah dan air permukaan.  Berbeda dengan membrane CA, menggunakan membrane TFC pada air berkaporit akan menyebabkan membrane rusak (failure).  Untuk itu harus menambahkan carbon aktif untuk menyerap residu chlorine.

Perbedaan Jenis Membrane RO Pada Struktur Material PA dan CA

Parameters PA Membrane CA Membrane
Operating pH range 2~12 4~6
Operating Pressure (Kg/cm2) 15 30
Salt Rejection (%)TDS 99+ 98
Salt Rejection (%) 99%→98.7% 98%→96%
Chlorine Tolerance <0.1 ppm 1 ppm
Membrane Fouling High Low

Merk Membrane RO Filter

Produk Membrane reverse osmosis yang ada di Indonesia di supply oleh beberapa produsen (manufacture) dari luar negeri.  Sampai sejauh ini belum terdengar produsen membrane RO yang memproduksi langsung di Indonesia.  Sehingga mesin RO filter system yang di produksi di Indonesia masih menggunakan membrane RO dari luar negeri.

Adapun beberapa manufaktur (merk) produsen membrane RO adalah:

membrane ro reverse osmosis harga murah
  • Dow Fimltec — USARO- Membrane-manufactures
  • Hydranautics — USA
  • TriSep — USA
  • Koch Membrane — USA
  • Lanxess – Germany
  • GE Membrane (Osmonics) — USA
  • CSM Membrane (Saehan) — South Korea
  • LG Membrane – Korea
  • Permionics Membranes — India
  • Toray Industries — Japan
  • Hyflux — Singapore
  • Norit Membrane Now Pentair — Holland
  • Inge — Germany
  • Keensen — China

Produk Membrane RO Dari Merk Keensen

membrane ro reverse osmosis murah
Membrane Keensen 8"
membrane ro china murah
Membrane Keensen 4"

Waste Water Pada RO Filter

Pengertian waste water adalah air buangan dari hasil RO filter atau menyebutnya dengan air rejection.  Air inilah yang selanjutnya sebagai air RO waste water.

Bagaimana RO Waste Water terbentuk?

Proses reverse osmosis akan menghasilkan 2 jenis air, yaitu air produk dan air RO waste water.  RO sistem pada kapasitas komersial atau industri, maka jumlah air yang terbuang akan lebih banyak.  Air yang terbuang sebagai RO waster water ini bisa mempertimbangkannya untuk recycle.

Apalagi kalau sumber air bakunya dari membeli air, atau menggunakan tarif cukai yang signifikan harga per kubik meter.

Semakin besar recovery hasil produksi, maka akan semakin kecil RO waste waternya.  Contohnya bila recovery 70%, maka RO waste waternya hanya 30%.  Sehingga volume air yang terbuang adalah 30% dari kapasitas air bakunya.

Apakah Bisa Memanfaatkan RO Waste Water kembali?

Air dari RO waste water bisa manfaatkan kembali, tapi apabila air buangan tersebut masih mempunyai TDS yang cukup rendah.  Dari pengalaman tim mapurna, jika TDS air RO waste water masih lebih kecil 300 ppm, ini masih bisa menggunakannya untuk kebutuhan penunjang konsumsi.

Apabila air baku untuk mesin RO filter sudah tinggi nilai TDS-nya, misalnya 500 ppm, maka air waste water akan semakin tinggi.  Hal seperti ini lebih baik membuang saja air tersebut.

Untuk Apa Saja Pemanfaatan RO Waste Water?

Beberapa contoh penggunaan kembali dari air RO waste water adalah:

  • 1.  Mencuci Mobil:  Dari data yang ada TDS 500 ppm masih bisa digunakan untuk mencuci body mobil, namun tentunya semakin tinggi TDS terkadang akan menimbulkan bercak. Mungkin saja menggunakannya untuk sisi bagian bawah mencuci mobil.
  • 2. Menyiram Tanaman: Untuk tanaman TDS > 500 ppm, masih bisa menggunakannya. Dari data informasi bahwa TDS 1000 ppm masih bisa menggunakannya untuk beberapa tanaman.
  • 3. Mencuci Peralatan: Mencuci peralatan tentunya terhadap peralatan yang agak “kasar (hardware)”, dimana terkadang membutuhkan volume yang banyak, namun tidak perlu kualitas yang bagus.
  • 4. Membilas Air Closet WC: Air ro waste water ini sangat bisa digunakan untuk pembilasan closet WC, mengingat tidak diperlukan kualitas yang baik.
  • 5. Pembersihan Lantai: Lantai yang agak kasar bisa di pel atau disemprot dengan RO waste water. Tentu pada lantai seperti ini tujuannya adalah hanya untuk mengurangi debu.
  • 6. Mencuci Bahan Kasar: Mencuci barang kasar seperti terpal cocok menggunakan air ro waste water, juga bahan busana yang membutuhkan rendaman air sebelum dilakukan pembilasan dengan air yang lebih Soft.