Fabrikasi Water Treatment

Fabrikasi Water Treatment ini maksudnya adalah menyiapkan unit – unit perlengkapan water treatment dengan membuatnya sendiri.  Fabrikasi ini tentunya sangat dipengaruhi metode pengolahan air yang dipilihBeberapa komponen yang sering digunakan untuk fabrikasi water treatment adalah pompa, vessel membrane, housing multi cartridge, plat baja, plat stainless, dll.

Dalam pelaksanaannya fabrikasi water treatment bisa dimulai dari seluruh bahan mentahnya atau setengah jadi dengan mengimport di luar negeri.  Umumnya untuk menekan biaya, maka material yang mudah diperoleh di Indonesia akan di fabrikasi di fasilitas assembly sendiri.

Fabrikasi Water Treatment

Sewage Treatment Plant

Sewage Treatment Plant ini digunakan untuk pengolahan limbah domestik yang terbuat dari material FRP (fiber reinforced polypropilene). Sewage Treatment Plant ini bisa dipasang pada restaurant, rumah sakit, klinik atau limbah domestik.

Lebih Lanjut
Fabrikasi Water Treatment

Mobile Water Treatment

Mobile Water Treatment adalah istilah untuk pengolahan air bersih yang dapat berpindah atau bergerak dengan mudah. Fungsi utamanya adalah menyiapkan air bersih atau air minum saat ada bencana atau ada kondisi di daerah yang kesulitan air bersih.

Lebih Lanjut
Air Minum Dalam Kemasan

Air Minum Dalam Kemasan

Air Minum Dalam Kemasan umumnya menggunakan Filtrasi Konvensional, dimana sistemnya menggunakan sistem filtrasi sand filter, carbon filter dan multi cartridge. Metode lainnya menggunakan sistem reverse osmosis. Pemipaan dan material yang digunakan umumnya stainless 304 atau 316.

Lebih Lanjut
Water Clarifier System

Water Clarifier System

Fabrikasi Water Clarifier System umumnya menggunakan kontruksi baja. Untuk kapasitas kecil dan membutuhkan ketahanan material dari korosifitas, maka menggunakan material FRP adalah pilihan yang tepat.

Lebih Lanjut

Merk Dagang Fabrikasi Water Treatment

Fabrikasi Water Treatment nantinya akan menghasilkan produk – produk assembly, seperti : reverse osmosis, water clarifier, mobil water treatment, dll.  Semua produk yang dihasilkan dari fabrikasi water treatment MAPURNA menggunakan merk dagang “SKRIN”.

Merk dagang ini sudah memiliki sertifikat yang sudah didaftarkan secara legal di Kementrian Hukum dan HAM, dan berlaku sejak 2001.  Untuk perriode perpanjangan dimulai sejak tahun 2020 – 2030.

Metode Pengolahan Air

Untuk menghasilkan air bersih atau air minum dari beberapa jenis sumber air, maka dibutuhkan metode pengolahan air.  Metode pengolahan air juga tergantung dari daerah masing – masing.  Beberapa metode pengolahan air yang umum seperti :

 

KOAGULASI – FLOKULASI

Koagulasi adalah menambahkan aluminium sulfat cair atau tawas dan/atau polimer ke air mentah atau tidak diolah. Campuran yang dihasilkan menyebabkan partikel kotoran di dalam air menggumpal atau saling menempel. Kemudian, kelompok partikel kotoran menempel bersama, membentuk partikel yang lebih besar bernama flok yang dapat dengan mudah dihilangkan melalui penyaringan atau pengendapan.

 

PENYARINGAN

Dalam filtrasi, air melewati filter, yang dibuat untuk menghilangkan partikel dari air. Filter semacam itu terdiri dari kerikil dan pasir atau terkadang antrasit yang dihancurkan. Filtrasi mengumpulkan kotoran yang mengapung di atas air dan meningkatkan efektivitas desinfeksi. Filter dibersihkan secara teratur dengan cara backwashing.

 

DISINFEKSI

Sebelum air masuk ke sistem distribusi, air didesinfeksi untuk menghilangkan bakteri, parasit, dan virus penyebab penyakit. Klorin juga diterapkan karena sangat efektif.

 

KOREKSI pH

Untuk mengatur tingkat pH, kapur dikombinasikan dengan air yang disaring. Ini juga menstabilkan air lunak alami sehingga korosi dapat diminimalkan dalam sistem distribusi air dan pipa pelanggan.