Mobil Water Treatment

Mobile Water Treatment adalah istilah untuk pengolahan air bersih yang dapat berpindah atau bergerak dengan mudah.  Sebutan lain juga disebut mobil water RO  yag sudah digunakan sebagai mobile water treatment marinir.  Fungsi utamanya adalah menyiapkan air bersih atau air minum saat ada bencana atau ada kondisi di daerah yang kesulitan air bersih.

Jenis pengolahan water treatment sistem yang digunakan juga tergantung dari sumber yang akan digunakan.  Misalnya  air sungai, air laut, air payau, hal ini mengingat water treatment sistem yang digunakan tidak bisa digunakan untuk semua jenis air.

Dengan sistem mobil water treatment yang sudah tersedia dan siap, maka recponse cepat untuk bantuan bencana segera dilaksanakan. Sistem pengolahan air bergerak kami memberikan hasil yang cepat dan berkualitas tinggi.

mobil water treatment depkes1
mobil water treatment depkes2
mobil water treatment depkes3
mobil water treatment depkes4

Mobil Water Treatment System

Mobile water treatment system bisa menggunakan berbagai jenis water treatment pada umumnya.  Namun mengingat “space” yang terbatas, sering kali unsur engginering sedikit di korbankan.  Sistem pada mobil water treatment ini tentunya di desain dengan pemeliharaan yang minim.  Tidak seperti pemeliharaan pada water treatment sistem yang permanen.

Setiap unit mobil water treatment dilengkapi dengan pra-pengujian dan pra-kommisioning sebelum di kirim.  Produk dari hasil water treatment ini harus mengacu kepada standar air bersih atau air minum (jika diperlukan) departemen kesehatan RI.  Khusus untuk kebutuhan militer, maka sistem juga harus memenuhi unsur Layak Militer.  Produk dari MAPURNA sudah memenuhi uji sertifikat militer.

Cara bergerak mobile water treatment tersebut, bisa menggunakan unit kendaraan mobil truk yang bisa bergerak sendiri.  Atau menggunakan unit container box yang bisa ditarik dengan kendaraan truk atau mobil minibus.

Di beberapa istilah mobile water treatment ini bisa juga disebut mobil water filter, portable water treatment unit, containerized mobile water, dll.  Untuk aplikasinya juga bisa digunakan sebagai mobil water treatment marinir dan militer.

Pengadaan produk ini adalah “Customize Design”, sehingga bisa dipesan sesuai kebutuhan client.  Umumnya kapasitas juga terbatas, biasanya hanya 1 – 3 M3/Jam atau maksimal 5 M3/Jam.

Mobil Water Treatment - marinir1

Mobil Water Treatment Box Container

Mobil Water Treatment - marinir3

Proses Perakitan Sistem dari Skid Frame dan Komponen

Mobil Water Treatment - marinir2

Pre Assembly dan Pre-Test System sebelum di masukkan ke container

Full uji fungsi komponen dan control

Fungsi Mobil Water Treatment

  • Bencana Alam – Fungsi mobil water treatment yang paling dominan adalah saat terjadinya bencana alam.  Bencana alam yang paling umum adalah adanya Banjir.  Unit Mobil Water Treatment sangat ideal untuk kondisi ini
  • Kondisi Emergency – ketika sistem pengolahan air yang ada rusak secara tidak terduga, hal itu dapat berdampak serius pada operasi bisnis. Dengan Mobil water treatment, maka diperoleh solusi sementara
  • Pemeliharaan Terencana – yang dimaksud dengan Pemeliharaan Terencana ini adalah jika mobil water treatment digunakan untuk pemugaran pabrik atau proyek pemeliharaan besar yang dapat memakan waktu dan memerlukan periode penghentian sebagian atau seluruhnya.  Ketika sistem yang ada tidak tersedia karena pemadaman yang direncanakan, maka mobil water treatment bisa memberikan solusi yang ideal.
  • Pengembangan produk baru – ketika sebuah pabrik mempunyai produk baru  memiliki kebutuhan air khusus, sistem pengolahan air yang ada mungkin kesulitan untuk memberikan pasokan.

Jenis Pengolahan Air

Sumber air yang digunakan pastinya sumber air yang kurang bagus, misalnya air sungai, air payau atau air laut.

Karakteristik water treatment sistem yang digunakan pada sistem mobile ini akan berbeda dengan karakteristik water treatment secara umum.  Pada sistem mobil, umumnya tidak mempertimbangkan treatment yang ideal.  Tujuan yang penting adalah memperoleh air hasil yang bagus.

Tidak semua mobile water treatment berfungsi untuk semua jenis sumber air.  Misalnya, pengolahan untuk air sungai tentu tidak bisa digunakan untuk mengolah air laut.

A. Sumber Air Laut

Dari pengalaman penulis ketika menggunakan sumber air laut, maka sumbernya akan langsung diambil dari pantai.  Atau tangki air tertentu yang berisi air laut.

Hasil olahan air laut dari mobil water RO adalah air bersih yang mengandung kadar garam yang sudah rendah, umumnya sekitar 250 – 300 ppm.  Jenis sumber air laut lebih sering digunakan untuk mobil water treatment marinir.

Pengolahan sumber air laut ini menggunakan sistem reverse osmosis air laut, yang dilengkapi beberapa tambahan komponen lainnya.

Adapun kapasitas yang umum digunakan adalah 250 Liter/Jam, 500 Liter/Jam dan 1000 Liter/Jam.  Untuk kapasitas yang lebih besar dari itu akan menyebabkan membesarnya space yang dibutuhkan.

Reverse osmosis air laut membutuhkan listrik yang boros, sehingga kebutuhan power listrik ini akan menyebabkan besarnya dimensi power generator (genset).

Hal lainnya jika kapasitas lebih besar, maka water treatment akan semakin complex.  Dan pre-treatment juga membutuhkan ukuran yang lebih besar.  Untuk diketahui bahwa revovery reverse osmosis air laut adalah 33 – 35%, artinya air baku yang harus disiapkan 3 kali lebih besar dari kapasitas produksinya.

B. Sumber Air Sungai

Pengolahan dengan air sungai, menggunakan water clarifier system  ditambah dengan water filter atau ultrafiltrasi.

Kapasitas yang umum adalah 3 – 5 M³/Jam, sedangkan kapasitas yang lebih besar cenderung akan membutuhkan space yang lebih luas.

Pengertian air sungai disini tentunya tidak hanya air sungai saja, tapi air yang bersumber lainnya yang ada juga bisa.

Pada saat terjadinya bencana, sumber air terdekat yang bisa digunakan adalah air kolam, air waduk, dll.

Menggunakan water clarifier sistem pastinya akan menggunakan proses kimia, seperti koagulasi dan flokulasi, presipitasi, atau penghilangan padatan tersuspensi dari air danau dan kolam renang. Type ini juga pernah digunakan untuk army sebagai mobil water treatment marinir.

Type Mobil Water Treatment

Type mobile water RO dibedakan dengan penggeraknya, yaitu dengan mobil truck langsung atau dengan box kontainer. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah apakah unit mobile water treatment tersebut akan digunakan untuk mudah bergerak ? Jangan sampai ukuran trailer atau boxnya terlalu besar, sehingga ketika dibutuhkan membutuhkan metode yang lebih berat lagi.

Sebagai contoh container 20 feet pastinya akan membutuhkan mobil besar penggerak atau forklif besar untuk mengangkutnya. Berbeda kalau container boxnya hanya selebar ukuran plat baja (1.2 X 2.4 mtr), dimensi ini sangat mudah dipindahkan.

Beberapa kali kami melakukan supply instalasi di Kementerian Pertahanan RI dimana unit digunakan untuk mobil water treatment marinir.

A. Mobile Water Treatment Type Truk

mobile water RO type TRUK yang dimaksud adalah menggunakan mobil truk secara utuh.

Mobil ini di mofidikasi menjadi mobil yang mempunyai container dan dilengkapi dengan sistem buka tutup yang berjenis “butterfly” atau jenis lainnya.

Agar Water treatment sistem kokoh dengan guncangan, maka diletakkan skid frame khusus yang di anchor ke body mobil. Sehingga ketika terjadi guncangan saat pemindahan, seluruh komponen harus tetap pada tempatnya.

mobile water treatment
Mobile Water Treatment Dengan Truk Diesel Roda 4

Mobil truk yang sangat umum digunakan adalah mobil truk 4 ban atau disebut mobil truk “engkel”.  Apabila menggunakan untuk air laut, maka cocok untuk kapasitas yang 250 Liter/Jam (5500 Liter per hari).  Pada photo di atas aplikasi ini digunakan untuk mobil water treatment marinir.

B. Mobile Water Treatment Type Roda Dua

mobile water RO type roda dua, adalah yang paling populer. Type ini bisa di desain dengan sangat minimalis. Karena minimalis tentunya, perlengkapan dan komponen di desain khusus agar masuk ke dalam box kontainernya.

Dalam mobilitasnya unit ini dapat dengan mudah dipindahkan dengan menggunakan minibus sebagai penariknya. Tapi lebih baik jika ditarik dengan mobil derek khusus, karena lebih aman dalam perjalanan.

Umumnya sistem yang digunakan adalah reverse osmosis, dengan tambahan beberapa filter kecil dan filter cartridge.

Tangki air baku dan tangki air produk di desain minimalis dengan desain khusus, agar bisa memanfaatkan ruanggan tersisa.

Kapasitas yang memadai dari type ini adalah 500 Liter/Jam dan 1000 Liter/Jam air bersih atau air minum.

mobile water treatment 4
Mobile Water Treatment Container Box Dengan Roda 2

C. Mobile Water Treatment Type Roda Empat

mobile water RO roda empat ini prinsipnya sama dengan roda dua, yaitu sama-sama ditarik dengan mobil minibus. Roda empat yang digunakan, karena komponen yang ada di dalam box lebih banyak. Tujuannya agar dalam mobilitasnya lebih stabil karena beban beratnya sudah ditopang roda yang lebih banyak.

Sistem desain pada trailer box ini menggnakan reverse osmosis dan ultrafiltration. Power generator yang digunakan setara 5kVA dari gasoline.

Kapasitas yang memadai dari type ini adalah 1000 Liter/Jam dan 2000 Liter/Jam air bersih atau air minum.

mobile water treatment 5
Mobile Water Treatment Roda 4

Spesifikasi Mobil Water Treatment

Spesifikasi dari masing – masing mobile water RO akan berbeda. Spesifikasi bisa merujuk dari jenis kontainernya juga water treatment sistemnya.

Spesifikasi dari pengalaman MAPURNA yang sudah dilaksanakan, sebagai berikut :

A. SPESIFIKASI MOBILE WATER TREATMENT TYPE TRUCK

    • Jenis mobile truck engkel, jumlah ban 4 pc
    • Box trailer dari steel kombinasi alumunium
    • Jenis penutup box adalah buterfly (swing)
    • Water Treatment : reverse osmosis air laut
    • Kapasitas 250 Liter/Jam
    • Perlengkapan : pompa air baku, selang air baku, tangki air baku, tangki produk, pretretment media filter, sea water reverse osmosis, power generator, ultra violet, pompa pengisian, tools, spare part 6 bulan

B. SPESIFIKASI MOBILE WATER TREATMENT TYPE RODA DUA

    • Box kontainer ukuran 140 P X 260 L X 160T cm
    • Penggerak dengan ditarik oleh minibus
    • Jumlah ban 2 pc, ditambah 1 pc roda kecil bagian depan
    • Box kontainer dari steel plat
    • Rangka chasis besi UNP
    • Jenis penutup box adalah engsel
    • Water Treatment : reverse osmosis air payau dan ultrafiltration
    • Kapasitas 500 Liter/Jam dan 1000 Liter/jam
    • Perlengkapan : pompa air baku, selang air baku, tangki air baku, tangki produk, pretretment media filter, sea water reverse osmosis, power generator, ultra violet, pompa pengisian, tools, spare part 6 bulan

C. SPESIFIKASI MOBILE WATER TREATMENT TYPE RODA EMPAT

    • Box kontainer ukuran 150 P X 270 L X 160T cm
    • Penggerak dengan ditarik oleh minibus
    • Jumlah ban 2 pc, ditambah 1 pc roda kecil bagian depan
    • Box kontainer dari steel plat
    • Rangka chasis besi UNP
    • Jenis penutup box adalah engsel
    • Water Treatment : reverse osmosis air payau dan ultrafiltration
    • Kapasitas 1000 Liter/Jam dan 2000 Liter/jam
    • Perlengkapan : pompa air baku, selang air baku, tangki air baku, tangki produk, pretretment media filter, sea water reverse osmosis, power generator, ultra violet, pompa pengisian, tools, spare part 6 bulan

Uji Fungsi Mobil Water Treatment