Reverse Osmosis Air Laut

reverse osmosis air laut

Reverse Osmosis Air Laut  adalah salah satu cara dalam melakukan desalinasi air laut  Untuk penggunaan di Offshore dan di Kapal Laut, menyebutnya dengan sebutan Fresh Water Maker.

Pada umumnya perakitan unit Reverse Osmosis Laut sama dengan reverse osmosis lainnya, namun perlunya pengetahuan dan referensi material yang baik.  Penting mengetahui bahwa harus menggunakan komponen yang tahan karat dan kuat terhadap tekanan tinggi.

Selain pompa air laut, maka material lainnya juga harus menggunakan yang tahan karat.   Material umum yang digunakan adalah stainless steel SS – 316L, atau yang lebih tinggi lagi yaitu stainless steel Duplex.  Untuk material housing membran umumnya menggunakan fiber glass (FRP), ada juga memilih SS – 316L namun biayanya lebih tinggi.

Apakah Reverse Osmosis?

Reverse osmosis adalah? Salah satu metode pengolahan air yang menggunakan membrane untuk menurunkan tingkat mineralogi air.   Karena pori – pori yang kecil, selain mineralogi juga akan menghilangkan mikrobiologi dan virus.  Dalam teknologi reverse osmosis air laut ini komponen yang utama adalah membrane dan pompa.

Reverse osmosis air laut adalah salah satu solusi terbaik dalam industri water treatment sistem.  Kenapa menjadi solusi? karena sistem ini mudah menempatkannya.  Sistem ini juga bisa di container, sehingga bisa memindahkannya dengan cepat.

Pengertian reverse osmosis adalah proses osmosis dengan arah sebaliknya dengan osmosis. Secara alami proses osmosis adalah proses aliran air yang bergerak dari larutan garam rendah ke larutan garam konsentrasi tinggi.

Prinsip Reverse Osmosis
Prinsip Reverse Osmosis

Sedangkan pada reverse osmosis larutan garam konsentrasi tinggi dipaksa mengalir ke konsentrasi rendah.  Pemaksaan ini karena adanya pompa bertekanan tinggi, yang memaksa arah aliran.

Ukuran membrane 0,0001 micron, sehingga hanya garam yang dengan ukuran partikel lebih kecil dari 0,0001 micron saja yang masih tersisa.  Air yang berkonsentrasi tinggi akan mengandung garam melewati membrane dengan pori-pori yang kecil.

Partikel atau polutan yang berukuran besar akan terbuat bersama air lainnya ke saluran pembuangan.  Istilah PERMEATE adalah air yang bisa menembus pori-pori membrane lebih kecil dari 0,0001 micron. Sedangkan isitlah CONCENTRATE adalah air yang tidak bisa menembus pori-pori, selanjutnya keluar melalui saluran pembuangan.

Recovery Dan Rejection Reverse Osmosis Air Laut

System reverse osmosis air laut  tidak akan merubah semua air baku akan menjadi air hasil, ada sebagian air yang akan terbuang.  Isitlah RECOVERY adalah persentase air baku yang menjadi hasil.   Misalnya recovery 30% artinya, hanya 30% air baku yang akan menjadi air hasil (permeate), sementara 70% sisanya akan menjadi air buangan (rijek).

Disamping istilah Recovery di atas, dikenal juga istilah REJECTION.  Pada umumnya konsentrasi rejection dari membrane atau sistem reverse osmosis water treatment adalah bekisar 98 – 99%.  Ini artinya 98% mineral dalam air akan hilang, yang tersisa hanya 2%.  Sehingga apabila kita ingin mengasumsikan berapa nilai TDS yang akan dihasilkan reverse osmosis air laut, jawabnya adalah 2% dikali TDS air bakunya.

Berapa TDS Untuk Air Baku Reverse Osmosis Air Laut?

Kadar garam atau nilai TDS air laut di Indonesia sangat bervariasi, umumnya berkisar antara adalah 18000 – 30000 ppm.  Namun klasifikasi nilai TDS air laut adalah 10000 – 40000 ppm.  Di laut mati di Mesir, mungkin yang paling tinggi di dunia, yaitu sekitar 45000 ppm.

Di beberapa daerah di Bali misalnya di pantai Bali Pecatu, pernah di ukur nilai TDS air laut pada tahun 2008 sekitar 18000 ppm.  Sedangkan di Ancol, dekat marina pada tahun 2016 pernah di ukur sekitar 25000 ppm.  Nilai TDS dengan rentang ini cocok sekali untuk air baku reverse osmosis air laut dan fresh water maker.

Pastinya ekosistem iklim juga akan merubah fluktuasi nilai TDS air, dan pastinya ketika terjadi musim hujan TDS air laut cenderung menurun.

Cara termudah untuk melakukan pengujian TDS air laut adalah dengan menggunakan TDS meter.  Namun dipastikan menggunakan TDS meter yang bisa menghitung sampai 99000 ppm.  Pastinya TDS yang umum digunakan hanya untuk mengukur TDS air bersih yang kisaran range pengukuran sampai 900 ppm.  Untuk memastikan bahwa TDS meter sudah sesuai, umumnya untuk TDS yang bisa mengukur TDS tinggi adalah yang tertuli “PPT” (bukan ppm) pada pojok atas sebelah kanan.

Pengukuran ini menjadi penting ketika ingin menentukan desain reverse osmosis air laut dengan cepat, maka cara pengukuran TDS pocket menjadi pilihan.  Sementara pengujian yang resmi di balai atau kantor laboratorium akan membutuhkan waktu 1 – 2 minggu.

Bagaimana Proses Reverse Osmosis Ar Laut?

Proses reverse osmosis air laut adalah larutan garam konsentrasi tinggi dipaksa mengalir ke konsentrasi rendah.  Pemaksaan ini karena adanya pompa tekanan tinggi, yang membalikkan aliran.  Isitlah inilah yang disebut “reverse” (kebalikan).

Air yang berkonsentrasi tinggi akan mengandung garam melewati membrane dengan pori-pori yang kecil.  Ukuran membrane 0,0001 micron, sehingga hanya garam yang dengan ukuran partikel lebih kecil dari 0,0001 micron saja yang masih tersisa.

Partikel atau polutan yang berukuran besar akan terbuat bersama air lainnya ke saluran pembuangan.  Istilah air yang tembus di bawah 0,0001 micron disebut dengan PERMEATE (air hasil), sedangkan air dengan ukuran besar akan melalui pembuangan melalui CONCENTRATE (air rijek).

Kenapa Reverse Osmosis Air Laut Menurunkan TDS?

Proses reverse osmosis air laut akan menurunkan TDS sejumlah hampir 98%, bahkan 99%.  Hal ini disebabkan karena membrane RO akan merejeksi sebagian besar dalam air, yang selanjutnya material yang di rejeksi akan keluar melalui air waste water.  Nilai TDS adalah terdiri dari gabungan seluruh mineral yang ada dalam air.  Untuk itulah sebabnya, ketika mineral dalam air turun secara drastis, maka TDS juga menurun secara signifikan.

Beberapa mineral utama yang menurun jumlahnya akibat membrane RO adalah, sebagai berikut :

.

Tabel Analisa Hasil Setelah Reverse Osmosis Air Laut

No Jenis Pengujian Satuan Hasil Pengujian
1 Bau - Tidak Berbau
2 TDS mg/l 132
3 Kekeruhan NTU 0,25
4 Warna Pt-Co 0,8
5 Rasa Tidak Berasa
6 Suhu C 24,8
  • Fluoride (85-92%)
  • Lead (95-98%)
  • Chlorine (98%)
  • Pesticides (up to 99%)
  • Nitrates (60-75%)
  • Sulfate (96-98%)
    Calcium (94-98%)
  • Phosphate (96-98%)
  • Arsenic (92-96%)
  • Nickel (96-98%)
  • Mercury (95-98%)
  • Sodium (85-94%)
  • Barium (95-98%)

Cara Kerja Reverse Osmosis Air Laut

Proses reverse osmosis air laut adalah proses menghilangkan kadar garam (salinitas) menjadi air tawar atau air bersih . Pada halaman ini akan dijelaskan proses menurunkan kadar garam air laut.

Penggunaan reverse osmosis air laut adalah salah satu metode yang umum digunakan saat ini. Reverse osmosis air laut membutuhkan tekanan kerja untuk mendorong membrane yang cukup tinggi, yaitu antara 600 – 1000 psi. Karena membutuhkan tekanan cukup tinggi, maka kebutuhan power listrik juga hampir 3 kali dari reverse osmosis biasa.

Klasifikasi Sumber Air Baku Dari Air Laut

Definisi air asin pada proses desalinasi air laut adalah air yang mengandung sejumlah besar garam terlarut, atau secara umum dikenal dengan “natrium klorida” (NaCl).  Umumnya jumlah garam yang ada di dalam air  dipresentasikan dengan satuan “ppm”.  Semakin tinggi nilai satuannya, maka akan semakin tinggi pula konsentrasi garam dalam air.

Mengetahui klasifikasi jenis air baku akan menjadikan proses desalinasi air laut menjadi benar dan baik.  Klasifikasi dari kadar garamnya diuraikan sebagai berikut :

  • Air tawar : < 1.000 ppm
  • Air sedikit asin : 1000 – 3000 ppm
  • Air asin sedang : 3000 – 10000 ppm
  • Air Sangat Asin : 10000 – 35000 ppm

Proses Air Laut Menjadi Air Tawar

Proses Pengolahan Air Laut Menjadi Air Tawar adalah penghilangan garam dan kotoran dari air laut untuk menghasilkan air tawar.

Pada reverse osmosis air laut dan fresh water maker, proses air laut menjadi air tawar menggunakan membrane khusus air laut dengan pompa tekanan tinggi 1000 psi.  Besarnya tekanan sangat bervariatif berdasarkan nilai kadar garam air bakunya.

Proses air laut menjadi air tawar dimulai dengan pengambilan air baku, yang umumnya disebut INTAKE SYSTEM.  Pertama air laut (air baku) disedot dengan pompa intake dan dikirim ke bak air baku atau tangki air baku. Kemudian air baku sudah diolah sebelum masuk ke sistem SWRO karena ada banyak kotoran di air laut, memenuhi persyaratan pada air umpan RO.

Analisa Air Baku Dari Air Laut

No Jenis Pengujian Satuan Hasil Pengujian
1 Bau - Berbau
2 TDS mg/l 36.000
3 Kekeruhan NTU 7,44
4 Warna Pt-Co 1,25
5 Rasa Asin
6 Suhu C 24,8

System reverse osmosis air laut pada dasarnya terdiri dari sistem berikut :

  • Intake System
  • Pre-Treatment
  • Reverse Osmosis Air Laut
  • Dosing Kimia
  • Cleaning In Place

Apa Saja Komponen Utama Mesin Reverse Osmosis Air Laut?

Secara sistem umum, sebagian besar sistem reverse osmosis air laut dan reverse osmosis system jenis lainnya terlihat serupa. Namun khusus untuk reverse osmosis air laut, cukup significant bedanya yaitu teradap tekanan air dan material yang digunakan.

Komponen utama reverse osmosis air laut, diantaranya :

  • 1) Skid Frame
  • 2) Prefilter
  • 3) Solenoid / Shutoff-valve
  • 4) Antiscalant System
  • 5) Low-Pressure Switch
  • 6) Pompa Booster
  • 7) Vessel Membrane
  • 8) Membran Reverse Osmosis:
  • 9) Concentrate Valve
  • 10) Elektronik Panel Control
  • 11) Vessel dan Membrane
  • 12) Instrumentasi
  • 13) Pemipaan Tekanan Rendah & Tekanan Tinggi

Pompa Tekanan Tinggi Reverse Osmosis Air Laut

Pompa SWRO umumnya tidak dijual di pasar umum.  Pompa ini bisa diperoleh dari supplier lokal sebagai distributor atau importir.  Atau bisa juga membelinya langsung dari vendor di luar negeri.

Kemampuan pompa SWRO yang bertekanan tinggi adalah spesifikasi yang paling utama dalam reverse osmosis air laut.  Untuk menekan air garam, dibutuhkan tekanan yang cukup tinggi.  Secara teori semakin tinggi kadar garam, maka akan membutuhkan tekanan yang semakin tinggi juga.

Pemilihan pompa tekanan tinggi untuk reverse osmosis air laut sangat penting.  Secara umum dikenal ada 4 jenis pompa tekanan tinggi, yaitu :

  • Pompa Plunger
  • Pompa Piston
  • Pompa Diaphragm
  • Pompa Multistage

Faktor pertama yang dijadikan patokan untuk pemilihan pompa reverse osmosis air laut adalah kapasitas yang akan dihasilkan.  Hal ini mengingat, umumnya pompa type multistage yang memiliki kapasitas yang besar.

Sementara pompa jenis Plunger dan Diaphragm umumnya lebih kecil.  Sementara pompa piston cenderung di tingkat kapasitas yang medium.

Beberapa merk umum yang digunakan berdasarkan jenis pompanya adalah sebagai berikut :

  • Pompa Plunger : Cat Pump
  • Pompa Piston : Danfos
  • Pompa Diaphragm : Hydracell
  • Pompa Multistage : Fedco

Material Pompa Reverse Osmosis Air Laut

Material Pompa Tekanan Tinggi untuk Reverse Osmosis Air Laut adalah pompa yang tahan karat dari kadar garam air laut.

Ada beberapa pilihan material yang sesuai, diantaranya NAB, SS – 316L, dan Duplex. Tentunya semakin bagus material, maka biaya pengadaannya semakin tinggi juga.

Material pompa SWRO yang digunakan paling rendah gradenya adalah NAB ((nickel Alumunium Bronze).  Material ini walaupun rendah, pengalaman dari mapurna cukup bertahan lebih 5 tahun.  Pemilihan dengan material ini tentunya berhubungan dengan biaya yang lebih rendah dibanding material lainnya.  Material jenis ini hanya dimiliki oleh pompa plunger dari Cat Pump.

Material umum yang digunakan adalah SS – 316L, material ini terbuat dari full stainless steel.  Hampir sebagian besar jenis pompa tekanan tinggi memiliki material ini.

Sementara material Duplex adalah yang paling bagus digunakan untuk RO air laut.  Index biaya pembelian pompa berkisar 3 – 4 kali pompa NAB.  Apabila pembiayaan menjadi faktor utama, lebih baik tidak menggunakan pompa dengan material ini.  Pilihlah spesifikasi yang lebih rendah yaitu Stainless SS – 316 atau pilih NAB.

Energy Recovery Device Pompa Reverse Osmosis Air Laut

Energy recovery device (ERD) ini adalah perangkat tambahan pada pompa SWRO.  Karena pompa ini membutuhkan power listrik yang tinggi, maka dengan unit tambahan ini akan mengurangi konsumsi listrik yang dibutuhkan.

Tekan air dari pompa tekanan tinggi ke membrane akan menurun sekitar 1,5 hingga 2 bar, tergantung pada jumlah elemen per STAGE (tahapan).

Dengan system ERD ini, dimungkinkan untuk menggunakan kembali energi dari aliran konsentrat (rejection). Konsentrat diarahkan ke ERD, di mana ia langsung mentransfer energinya ke bagian air umpan yang masuk.

Akibat dari pemanfaatan energi aliran concentrate ini, maka akan dihasilkan tekanan yang sama dengan konsumsi power yang rendah.  Sehingga, biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi power menjadi menurun.

Penggunaan ERD ini sangat cocok untuk sistem desalinasi air laut dengan membrane yang kapasitasnya medium atau tinggi, misalnya diatas 5 M3/Jam.  Apabila unit ERD ini dipasang pada kapasitas kecil, maka akan berhubungan dengan biaya pembelian unit ERD yang tidak sedikit juga jumlahnya.  Proses RO air laut ini dengan memasang ERD ini tidak semua jenis pompa bisa di pasang.  Saat ini yang lebih populer adalah pompa Multistage dan Pompa Piston.

TDS Air Baku vs Tekanan Air Membrane

TDS air baku vs Tekanan air membrane maksudnya adalah, pada TDS air baku tertentu akan dibutuhkan tekanan air yang berbeda.  TDS air baku dari air laut sangat beragam, di Indonesia berkisar antara 12,000 – 36,000 ppm.  Di beberapa tempat belahan dunia lainnya ada yang 45,000 ppm.

Semakin tinggi TDS air baku, maka akan membutuhkan tekanan yang lebih tinggi.  Pengalaman di lapangan, misalnya TDS air baku sekitar 18,000 ppm,, maka membutuhkan tekanan sekitar 700 psi (48,3 bar).  TDS air baku sekitar 32,000ppm membutuhkan tekanan berkisar 850 psi.

Graphic Perbandingan Kebutuhan Tekanan dengan TDS Air Baku
Graphic Perbandingan Kebutuhan Tekanan dengan TDS Air Baku

Pedoman ini harus dijadikan dasar dalam melakukan desain reverse osmosis air laut maupun fresh water maker.  Sehingga menghindari kesalahan besar pada saat Start – Up.

Fresh Water Maker Reverse Osmosis Air Laut

Fresh water maker adalah reverse osmosis air laut yang disesuaikan penggunaannya  untuk kebutuhan OFFSHORE (pengeboran minyak lepas pantai) atau untuk Kapal Laut. Kapasitas freshwater maker pada umumnya 5000 – 30,000 Liter per hari.  Jumlah crew yang besar, maka kapasitas akan menyesuaikan.

Faktor yang membedakan reverse osmosis air laut dengan fresh water maker adalah materialnya yang lebih khusus.  Disamping itu recovery desainnya yang lebih kecil dibanding ro air laut. Rata –  rata recovery RO air laut adalah 30 – 36%, namun untuk fresh water maker umumnya 20 – 25%

Model Fresh Water Maker

MODEL KAPASITAS POWER
(Liter/Hari) kW
SKRO-350FW 1000 1,5
SKRO - 600FW 2200 1,5
SKRO - 1000FW 3800 2,2
SKRO - 1500FW 5600 2,2
  • Skid Frame Stainless Steel Fresh Water Maker di cat double epoxy
  • Dimensi Membrane 2,5″
  • FRP Pressure Vessel
  • Pressure < 1000 psi
  • Plunger Pump
  • Power 1,1 – 2,2 kW/380V
  • Dimensi unit 140(P) X 65 (L) X 65(T) cm
  • Dimensi unit 425(P) X 120 (L) X 150(T) cm
Fresh Water Maker
Fresh Water Maker 5000 LPD

Video Pemasangan Fresh Water Maker di Kapal Kayu

Kapasitas Mesin Reverse Osmosis Air Laut

Produk assembly reverse osmosis air laut dari mapurna menggunakan merk dagang sendiri yaitu “SKRIN”.  Reverse Osmosis Air Laut produk mapurna terbagi 3 jenis :

Power konsumsi listrik menggunakan listrik voltage 220 Volt untuk kapasitas kecil, dan 380V 3 phase untuk kebutuhan power berkisar 2,2 – 75 kW.  Umumnya Recovery Desain dari system reverse osmosis air laut berkisar 20 – 38%.

Reverse Osmosis Air Laut Type 1000

MODEL KAPASITAS POWER
(Ltr/Hari) kW
SKRO – 350SW 1300 1,1
SKRO – 600SW 2200 1,1
SKRO – 1000SW 3800 2,2
SKRO – 1500SW 5600 2,2
  • Skid Frame Stainless dengan double epoxy cat
  • FRP Pressure Vessel, dimensi 2.5″(D) X 40″ (L)
  • Pressure < 800 psi
  • Plunger Pump – NAB Material
  • Dimensi unit 60(P) X 60 (L) X 150(T) cm
reverse osmosis air laut
Reverse Osmosis Air Laut 5600 Ltr/hari

Reverse Osmosis Air Laut Type 2000

MODEL KAPASITAS POWER
(M3/Hari) kW
SKRO – 3000 11 4
SKRO – 4500 17 5,5
SKRO – 6000 22 7,5
  • Skid Frame Stainless Steel
  • Dimensi Membrane 4″
  • FRP Pressure Vessel
  • Pressure < 1000 psi
  • Plunger Pump
  • Power 4 – 7,5 kW/380V
  • Dimensi unit 155(P) X 100 (L) X 122(T) cm
fresh water maker
Reverse Osmosis Air Laut 3000 gpd

Reverse Osmosis Air Laut Type 3000

MODEL KAPASITAS POWER
(M3/Jam) kW
SKROSEA - 7K 1,25 11
SKROSEA - 13K 2 18
SKROSEA - 20K 3 22
SKROSEA - 40K 6 45
  • Skid Frame Stainless Steel di cat double epoxy
  • Dimensi Membrane 8″
  • FRP Pressure Vessel
  • Pressure < 1000 psi
  • Plunger atau Multistage Pump
  • Power 11 – 50 kW/380V
  • Dimensi unit 425(P) X 120 (L) X 150(T) cm
Reverse Osmosis Air Laut
Reverse Osmosis Air Laut 150 M3//Hari

Spesifikasi Umum Reverse Osmosis Air Laut

Spesifikasi Standar :

  • Skid Frame
  • Prefilter Cartridge 5 micron
  • Flow Meter, rotameter pada concentrate dan permeate
  • Pompa Tekanan Tinggi, untuk kapasitas kecil (< 2 M3/Jam) menggunakan Plunger Pump.  Untuk Kapasitas Besar menggunakan Pompa Horizontal Multistage.
  • Vessel Membrane dan Membrane Elemen
  • Low-Pressure Switch
  • Pressure Gauge pada Pre & Post Filter, Pumpa Discharge, Concentrate.
  • Automatic Inlet Feed water valve
  • Electronic Panel Control
  • Automatic Permeate Flush, khusus untuk unit lebih 2M3/jam
  • TDS / Conductivity Meter
  • Sample Valve
  • Cleaning Port
  • Pemipaan Tekanan Tinggi menggunakan Stainless SS – 316L atau SS – 904L, sedangkan Pemipaan Tekanan Rendah menggunakan PVC Sch-80.

Spesifikasi Tambahan :

Apabila diperlukan beberapa perubahan spesifikasi dan penambahan instrumentasi pada spesifikasi standard reverse osmosis air laut, unit tersebut dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan, antara lain :

  • pH Meter Digital
  • Cleaning In Place
  • Antiscalant Dosing
  • Chlorine dan Dechlorine Dosing System
  • Acid Dosing
  • Pompa umpan (feed pump)
  • PLC
  • HMI
  • dll sesuai kebutuhan

Produksi Reverse Osmosis Air Laut dari Mapurna

Perakitan Produksi

Perakitan pesanan reverse osmosis air laut dan fresh water maker pada umumnya membutuhkan waktu 8 – 10 minggu, namun bisa juga lebih cepat.  Perakitan yang lebih cepat tergantung terhadap ketersediaan rekanan vendor dari beberapa supplier, baik di dalam maupun di luar negeri.  Dalam kondisi yang sangat dibutuhkan, perakitan dapat dipercepat 4 – 6 minggu.

Pengiriman Barang

Kami siap mengantarkan pesanan reverse osmosis air laut dan fresh water maker ke seluruh Indonesia, baik melalui darat ataupun kapal laut.  Barang dikirim terlebih dahulu sebelum pemasangan.  Setelah barang sampai di lokasi, jika diperlukan maka tim teknisi kami akan datang kemudian.

Khusus untuk Fresh Water Maker karena merupakan remote area, maka pengiriman hanya sampai port/pelabuhan terdekat.

Pemasangan

Jika diperlukan Pemasangan reverse osmosis air laut dan fresh water maker, maka tim teknik kami bisa melaksanakannya.  Pemasangan hanya unit saja, maka akan membutuhkan waktu lebih cepat, kemungkinan hanya 2 – 3 hari.  Namun apabila pemasangan dilakukan dengan sistem secara keseluruhan, misalnya beserta pre-treatment, pemipaan, instrument, tangki, dll., maka akan dibutuhkan waktu 2 – 3 minggu.  Khusus untuk pemasangan Fresh Water Maker, maka diperlukan ijin khusus yang memenuhi standar HSE.

fresh water maker
Instalasi Offshore Camar Kapasitas 10,000 Liter/Hari

Berapa Harga Mesin Reverse Osmosis Air Laut?

Pertanyaan yang bisa digunakan untuk merencanakan reverse osmosis air laut system adalah budget cost atau rencana biaya.

Berapa harga UNIT mesin RO Air Laut?

Kami ingin mencoba memberikan sedikit contoh terhadap unit kecil dan sedang. Walaupun sesungguhnya sangat relatif terhadap biaya, karena adanya beberapa opsi.

Kapasitas unit RO Air Laut 5000 – 6000 liter per hari (24 jam) berkisar antara 130 – 150 jt. Harga ini hanya untuk harga unit saja, sedangkan untuk penambahan komponen yang lain tambahan harganya sekitar 70 – 80 jt. Sehingga suatu system Reverse Osmosis air laut dengan mesin RO membutuhkan biaya 200 – 230 jt.

Berapa harga SYSTEM mesin RO Air Laut?

Informasi perkiraan biaya yang lain adalah kapasitas 5 M³/Jam, pengadaan system RO Air Laut dengan lengkap berikut pretreatment, pemipaan, panel induk, tangki produk dan pemasangan tim teknik perkiraan biaya 1.8 – 2.2 Milyar.

Demikian contoh kecil tentang biaya Unit RO Air Laut dan System RO Air Laut,  hal lebih lanjut tentunya perlu perhitungan dan informasi lapangan dan sebaiknya kontak tim MAPURNA.

 

 

*CONTACT

Mempunyai Project Untuk Kami ?

Visit Survey dan Preliminary desain juga draft quote.

Sales Tim

SUPPLY & PROJECT

+21 8274 7811

+0811 189 122

sales@mapurna.id

Senin. - Jumat. 08:00 - 17:00

Bekasi, JaBar

Send message