jual mesin ro

Komponen Apa Saja Yang Mempengaruhi Harga Jual Mesin RO?

Mesin RO paling popular untuk mesin air minum, sebelum memulai penting mengetahui skema dan harga mesin.  Sebagai fabrikator mesin reverse osmosis, kami jual mesin RO dari beberapa kapasitas, juga variasi tambahan opsional komponen lainnya.

Harga jual mesin RO saat ini semakin terjangkau, karena semakin banyak perusahaan water treatment yang mempunyai kemampuan untuk melakukan fabrikasi.

Mapurna adalah perusahaan water treatment yang bisa melakukan fabrikasi mesin reverse osmosis sendiri, sehingga harga jual mesin RO kompetitif.

Kapasitas mesin RO beragam, dari 1 M³/Jam hingga100 M³/Jam.   Kapasitas RO 1000 LPH (RO 6000 GPD) adalah kapasitas yang popular untuk komersial, juga industri. 

mesin reverse osmosis komersial

Mesin RO Komersial

Kapasitas RO Komersial mulai dari ada dua series, yaitu Series ROKOM 1000 & ROKOM 2000. ROKOM 1000 kapasitasnya 250 – 1.000 liter per jam. Sedangkan series ROKOM 2000 kapasitasnya dari 1,500 – 3.500 liter per jam.

Lebih Lanjut
mesin reverse osmosis

Mesin RO Industri

Kapasitas reverse osmosis jenis industri mempunyai dua model, yaitu ROIND 1000 dan ROIND 2000.  Model ROIND 1000 mempunyai kapasitas 4 – 10 M³/Jam.  Sedangkan Model ROIND 2000 kapasitasnya 12 – 20 M³/Jam

Lebih Lanjut
mesin reverse osmosis air payau

Brackish Reverse Osmosis

Mesin RO air payau atau brackish water reverse osmosis (BWRO) kapasitas standarnya dari produk mapurna adalah 1000 – 6000 GPD atau 170 – 1.000 liter per jam. Untuk kapasitas yang lebih besar akan customized.

Lebih Lanjut

Seawater Reverse Osmosis

Mesin reverse osmosis air laut atau sea water reverse osmosis (SWRO) kapasitas standar yaitu 100 – 1.000 liter per jam. Tentu kami juga menyiapkan kapasitas custom lainnya yang lebih besar daripada kapasitas itu.

Lebih Lanjut

Water Makers

Fresh water maker adalah istilah lain dari mesin RO air laut, namun untuk penggunaan khusus di kapal laut, boat, offshore platform. Pada umumnya kapasitasnya hanya kecil yaitu antara 2.000 – 40.000 liter per hari. Desain umumnya ringkas, karena space yang terbatas.

Lebih Lanjut

Nanfofiltrasi Membran

System Nanofiltrasi adalah hampir sama dengan mesin reverse osmosis, yang berbeda adalah kebutuhan tekanannya yang lebih rendah. Nanofiltrasi hanya terbatas penggunaannya pada air dengan TDS rendah. Sedangkan TDS tinggi seperti air payau dan air laut tidak cocok penggunaannya.

Lebih Lanjut

Apakah Yand Dimaksud Dengan Mesin RO Reverse Osmosis?

Mesin Reverse Osmosis adalah sistem yang menggunakan membrane untuk menghilangkan sebagian besar mineral.  Kunci utama sistem ini adalah adanya pompa tekanan tinggi dan membran semi-permeabel.

Fungsi dari menggunakan reverse osmosis filter adalah untuk mendapatkan air demineralisasi.  Karena membrane akan menurunkan sejumlah 98 – 99% mineral dalam air, sehingga masih tersisa 1 – 2% saja mineral dalam air.  Proses membrane ini tidak menggunakan bahan kimia, sehingga lebih simpel dari pada teknologi ino exchange.

Membran pada mesin reverse osmosis mempunyai pori-pori kecil dengan ukuran 0,0001 micron.  Karena porinya kecil, maka hanya molekul air yang bisa melewati.   Dari hasil proses ini, maka akan ada dua aliran, yaitu air permeate dan air concentrate.  Tidak semua air baku akan menjadi hasil, hanya 50 – 75%.

Dari segi kapasitas, maka mesin RO terbagi menjadi 3 golongan yaitu rumah tangga, komersial dan industri.  Pada halaman ini tidak menguraikan kapasitas residential, melainkan hanya kapasitas untuk komersial dan industri saja.

Berapa Harga Mesin RO Komersial dan Industri?

Harga jual mesin reverse osmosis tergantung kapasitas dan komponen opsional lainnya, misalnya instrumentasi.  Penggunaan merk pompa, misalnya merek Grundfos akan lebih tinggi dari pompa lainnya.

Selain komponennya, maka harga mesin RO juga tergantung dengan typenya.  Dalam hal ini harga untuk air tawar akan berbeda jauh dengan air payau pada kapasitas yang sama.  Begitu juga dengan harga untuk air baku menggunakan air laut.

Untuk sumber air tawar kapasitas 500 liter per jam, maka harga jual mesin RO berkisar 35 – 40 juta.  Sedangkan harga untuk kapasitas 1000 liter per jam, berkisar antara 48 – 65 juta.

Sedangkan air baku menggunakan air laut, maka harga jual mesin reverse osmosis kapasitas kecil 5000 liter per hari berkisar 150 – 190 juta.  Untuk kapasitas 1000 liter per jam, berkisar antara 350 – 400 juta.

Harga jual mesin RO di atas adalah harga untuk unit saja, sedangkan harga sistem keseluruhan pasti akan berbeda, karena adanya penambahan beberapa komponen.

Apa Saja Yang Menentukan Harga Mesin Reverse Osmosis?

Banyak sekali variasi yang menentukan harga mesin reverse osmosis, baik dari sisi unitnya maupun sistemnya.  Dari sisi unitnya, penggunaan jenis material pemipaan sangat menentukan pembentukan harga.  Misalnya harga pipa PVC dengan stainless steel, maka perbedaannya sangat tinggi.

Terkadang di beberapa mesin RO menggunakan material sama, namun perbedaan harganya sangat mencolok.  Harga jual pada sistem yang menggunakan material stainless sistem weld argon biasa, akan berbeda jika menggunakan dengan cara weld Orbital.

Banyak variabel yang nantinya akan membedakan harga jual mesin reverse osmosis.  Tidak saja komponen – komponen yang menjadi opsional, namun penambahan elektronik sistem seperti PLC dan HMI akan berubah secara drastis.

Belum lagi jumlah komponennya, terkadang ada mesin reverse osmosis yang menggunakan dua unit pompa feed dan dua unit pompa booster.  Tujuannya adalah agar sistem mempunyai cadangan ketika terjadi kerusakan.

Di bawah ini adalah beberapa komponen yang akan menentukan perbedaan harga jual mesin reverse osmosis, yaitu:

Merk pompa sangat menentukan harga jual mesin reverse osmosis, yang paling sering saat ini merk pompa China dan merk Eropa.  Sebagai contoh menggunakan merk pompa Eropa seperti merk Grundfos akan berbeda harganya hampir 2 kali lipat dari pada pompa dari merk China seperti CNP.

Pengalaman mapurna, beberapa merk pompa China juga menunjukkan performance yang baik.  Juga bisa menggunakannya lebih dari 5 tahun, serta spare part juga mudah stoknya.  Pada kondisi anggaran pembelian yang ekonomis, maka opsi pemilihan pompa merk China akan membuat harga mesin RO lebih rendah.

Pada pengolahan mesin reverse osmosis air laut, maka akan mempunyai beberapa pilihan merek juga materialnya.  Jenis pompa untuk air laut ini cukup tinggi, sehingga tambahan beberapa spesifikasi optional menjadikan harga mesin RO lebih tinggi lagi.

Perbedaan pompa plunger dan pompa piston cukup banyak selisihnya, apalagi materialnya juga berbeda antara SS – 316 dan SS Duplex.  Belum lagi membandingkannya dengan pompa multistage material SS Duplex.

Sama halnya dengan merk pompa, maka merk membrane RO juga akan menentukan harga jual mesin reverse osmosis.  Saat ini banyak juga fabrikator yang menggunakan membrane brand dari produksi China, harganya cukup rendah bahkan perbedaannya sekitar 30%.

Terkadang pada kapasitas yang sama, ada desain mesin RO yang menggunakan jumlah membrane yang berbeda.  Pastinya jumlah yang lebih banyak akan mempengaruhi harga jual mesin RO.

Jumlah membrane yang hanya 1 element 4 X 40 inch, tentu tidak akan mempengaruhi harga jual mesin RO secara signifikan.  Namun pada penggunaan membrane lebih dari 10 pc atau 100 pc dengan dimensi 8 X 40 inch, maka perbedaan harganya akan signifikan.

Sebagai contoh mesin RO kapasitas 15 M³/Jam ada sistem yang menggunakan 15 membrane dan satunya menggunakan 20 membran RO.  Perbedaan 5 pcs membrane ukuran 8 X 40 inch, maka menyebabkan perbedaan harga jual mesin reverse osmosis sebesar Rp. 50 juta.

3. JENIS PIPA

Pada umumnya variasi penggunaan jenis pipa ada pada mesin reverse osmosis type industri, serta untuk type mesin RO air laut.  Pada jenis industri sering menggunakan pipa PVC Rucika atau class AW, serta pipa PVC schedule 80 ex. Harvell.  Perbedaan jenis ini akan menyebabkan harga yang siginifikan.

Pada mesin RO jenis komersial, maka penggunaan pipa shcedule 80 bisa untuk tekanan tinggi.  Namun tentu akan berbeda jauh, jika permintaan pipa tekanan tinggi menggunakan material stainless steel shedule 40 dengan weld argon.

Instalasi untuk kebutuhan industri farmasi, maka cenderung menggunakan pipa jenis stainless sanitary.  Penggunaan pipa jenis ini, tentu tidak hanya harga pipa namun akan menyesuaikan juga dengan komponen lainnya agar cocok dgn pipanya.

Pada instalasi sistem WFI di farmasi, maka akan menggunakan jenis pengelasan orbital.  Untuk itu harga mesin RO akan jauh melambung tinggi, dari pada unit umumnya.

4. PENAMBAHAN INSTRUMENTASI

Standar unit untuk RO jenis komersial umumnya tidak menggunakan instrumentasi seperti TDS, Conductivity, pH dan lainnya.  Instrumentasi standar umumnya hanya pressure gauge dan low pressure switch.  Penambahan beberapa instrumentasi ini tentunya akan menambah harga jual mesin reverse osmosis.

Sering kali permintaan customer menggunakan TDS meter tidak saja pada hasil, namun juga pada air baku.  Tentu tujuannya agar mengetahui nilai TDS air baku, jika menggunakan air baku dengan syarat yang kritis.  Opsi penambahan ini tentu akan menambah harga mesin RO.

Instrumentasi lainnya yang sering adalah flow meter, umunya pada unit komersial hanya menggunakan jenis rotameter.  Namun jika menghendaki menggunakan flow meter digital dengan sensor paddlewheel, maka harga mesin reverse osmosis juga akan meningkat dengan signifikan.

Mesin RO untuk kebutuhan autoclave, biasanya menggunakan tambahan instrumentasi conductivity meter.  Bahkan khusus untuk autoclave bisa juga menggunakan sistem double phase yaitu dari proses RO pertama dilanjutkan ke RO kedua.

5. SISTEM ELEKTRONIK

Sistem operasional pada RO jenis industri sering kali menambahkan digital electronic, dalam hal ini PLC dan HMI.  Penambahan komponen ini akan secara signifikan merubah harga mesin reverse osmosis.

Faktor lainnya selain PLC dan HMI, terkadang ada perusahaan yang memiliki operator secara terpusat.  Untuk itu panel electronic pada mesin RO harus sesuai dengan DCS ataupun sistem SCADA.  Sehingga data yang di rekam oleh PLC akan di transmisikan ke DCS atau SCADA.

Perubahan sistem control ini tentunya harus menyesuaikan beberapa komponen instrumentasi menjadi analog, biasanya mempunyai sensor 4-20 mA.  Ini artinya probe sensor akan merubah sistem elektronik, sehingga cara kerja mesin reverse osmosis akan menampung data informasi.

Faktor Penentu Harga Mesin Air RO Saat Pemasangan (Instalasi) Di Site

Selain faktor yang mempengaruhi harga pada unit mesin reverse osmosis seperti di atas, faktor lainnya adalah komponen – komponen pendukung untuk sebuah water treatment plant.

Untuk pemasangan sistem ada dua faktor yaitu faktor teknis dan faktor non-teknis.  Faktor teknis meliputi komponen – komponen dalam sistem secara menyeluruh.  Misalnya, tangki air baku, tangki air produk, pompa intake, pompa feed, pompa distribusi, RO pretreatment, panel lokal, pemipaan, kabel elektrikal, instrumentasi.

Sedangkan faktor non-teknis adalah biaya yang muncul pada saat pemasangan water treatment plant.  Pemasangan sistem di jarak dekat pastinya akan membutuhkan biaya yang lebih sedikit, apalagi di tengah kota besar.  Namun pemasangan di kepulauan atau di daerah terpencil, maka harga mesin reverse osmosis akan semakin tinggi.

Pengalaman mapurna memasang sistem mesin RO di sebagian besar di daerah Indonesia adalah faktor situasi dan kondisi.  Mengingat lokasi pemasangan juga terkadang di pulau terpencil, maka faktor lokasi ini menjadi dominan menentukan harga jual mesin reverse osmosis.

Berapa Kisaran Harga Mesin Reverse Osmosis Industri?

Jenis mesin reverse osmosis industri tentunya akan digunakan untuk industri yang tergolong medium dan besar.  Kapasitasnya berkisar antara 5 – 50 M³/Jam atau lebih dari itu.

Pemasangan mesin RO industri biasanya lebih kompleks dan sering juga harus melengkapi dengan ijin tertentu saat pemasangan.  Pengalaman mapurna, pemasangan jenis industri ini memang cenderung di kawasan industri seperti Jababeka, Cibitung, Karawang, Tanggerang dan lainnya.

Harga jual mesin reverse osmosis industri kapasitas 5 M³/Jam berkisar 250 – 300 juta, sedangkan kapasitas 10 M³/Jam berkisar 400 – 450 juta.  Pengalaman mapurna untuk pemasangan industri beverage dengan sistem lengkap dengan pretreatment untuk kapasitas 40 M³/Jam berkisar 1,5 – 1,7 milyar.

Namun harga jual mesin RO untuk industri kecil, misalnya kapasitas 1000 liter per jam, secara keseluruhan akan membutuhkan biaya antara 150 – 200 juta.  Juga paket yang lebih kecil misalnya hanya 250 liter/jam, maka harganya sekitar 40 – 60 juta.

Spesifikasi Umum Paket Jual Mesin RO

Mesin RO mempunyai spesifikasi yang standar dan terkadang ada tambahan spesifikasi opsionalnya.  Pada spesifikasi standar tentu mengacu terhadap harga jual mesin reverse osmosis agar terjangkau.  Sudah tentu tetap berfungsi baik, karena komponen utama sudah ada di dalamnya.

Perubahan penambahan spesifikasi pada paket jual mesin RO adalah penambahan instrumentasi, seperti TDS meter, pH meter, Low Pressure Switch, dan lainnya.  Bahkan beberapa klien mapurna serting menambahkan 2 unit TDS meter yang akan memasanganya pada air baku dan air hasil.

Selain option pada unit mesin reverse osmosis, juga option terhadap penambahan komponen  – komponen lainnya.  Hal ini karena unit RO tidak bisa terpasang tanpa membutuhkan komponen lainnya, misal pretreatment.  Option pretreatment biasanya terdiri dari multimedia filter, carbon filter, softener atau antiscalan dosing system.

Di bawah ini contoh komponen standar paket jual mesin RO kapasitas RO 1000 LPH.

Contoh Komponen Mesin RO (Kapasitas 1000 Liter/Jam)

Spesifikasi Standar

Mapurna sebagai produsen mesin reverse osmosis menyediakan mesin yang compact dan simpel dalam maintenance.

System Standar mesin RO terdiri dari:

  • Stainless Skid Frame
  • Housing Filter Polypropylene dan Prefilter Cartridge 5 micron
  • Flow Meter, rotameter pada concentrate (air buangan) dan permeate (air produk)
  • Pompa Tekanan Tinggi (Multistage)
  • 4 pc Stainless Vessel Membrane (contoh 1000 liter/jam)
  • 4 pc Membrane Elemen (contoh 1000 liter/jam)
  • Low Pressure Switch
  • Pressure Gauge pada Pre & Post Filter, Pumpa Discharge, Concentrate.
  • Automatic Inlet Feed water valve
  • Electronic Panel Control
  • Automatic Fast Flush
  • Concentrate Recycle Loop
  • Sample Valve
  • Cleaning Port
  • Aliran Tekanan Tinggi menggunakan Stainless Fitting dan Hose Braided Stainless
  • Aliran Tekanan Rendah menggunakan Tubing Polypropylene ukuran 1/4″, 3/8″ dan 1/2″.

Spesifikasi Tambahan Mesin RO

Selain spesifikasi standar, kami menyiapkan opsional spesifikasi tambahan untuk paket jual mesin RO .  Apabila membutuhkan beberapa perubahan, maka bisa menambahkan instrumentasi.  Beberapa opsionalnya sebagai berikut:

  • TDS / Conductivity Meter
  • pH Meter Digital
  • Cleaning In Place
  • Antiscalant Dosing
  • Pompa umpan (feed pump)
  • dll. sesuai kebutuhan

Apa Saja Merek Pompa Untuk Mesin RO?

Salah satu komponen utama di unit mesin RO adalah pompa tekanan tinggi atau pompa booster.

Paket jual mesin RO ini menggunakan pompa tekanan tinggi jenis multi stage.  Khusus untuk paket RO 1000 LPH, akan menggunakan pompa jenis vertikal.  Material pompa, akan menggunakan material SS – 304.  Pada kondisi tertentu, memungkinkan mengganti jenis pompa sesuai permintaan owner.

Jenis pompa mesin RO pada paket ini adalah untuk air baku yang standar yaitu air PDAM atau air tanah.  Namun untuk paket mesin RO air laut pasti akan berbeda jenisnya.  Pompa air laut menggunakan pompa dengan jenis plunger atau piston.  Namun untuk pengolahan air laut kapasitas besar akan menggunakan type multistage.

Sedangkan pompa mesin RO untuk kapasitas yang lebih kecil dari 1000 liter per jam, biasanya menggunakan jenis rotary vane pump.  Jenis pompa ini mempunyai variasi pilihan kapasitas untuk yang kecil.  Di bawah ini contoh komponen standar paket jual mesin RO kapasitas RO 1000 LPH.

1. Pompa Mesin RO Flint and Walling F & W

Unit mesin RO 1000 LPH menggunakan pompa RO Flint and Walling atau Pompa RO FW, dengan power voltage 1 phase – 220 VAC.  Jenis pompa ini sangat cocok untuk RO Komersial, ketika pada usaha skala kecil kesulitan mencari power elektrik 3 phase.

Pompa RO merek FW untuk paket mesin reverse osmosis ini adalah pompa import dari USA, dengan material pada bare pump adalah stainless SS – 304.  Besarnya tekanan dari pompa ini sekitar 180 meter atau 18 bar.  Namun belakangan ini karena impor semakin tinggi biaya, maka sering menggantinya dengan pompa vertical multistage.

Spesifikasi dari Pompa RO  ini adalah :

  • Kapasitas : 19 GPM
  • Horsepower: 2 HP
  • Impeller/Cartridge: 19 Impeller
  • Frequency: 50 Hz
  • Series: Y-Stainless Steel
  • Phase: 1 Phase
  • Shaft Seal & O-rings: Viton
  • Motor Voltage: 115/230V

2. Pompa Mesin RO dengan Merek Grundfos

Pompa RO merek Grundfos juga beberapa kali terpasang pada mesin reverse osmosis.  Pompa ini menjadi pilihan karena mudah mendapatkan spare part di pasaran umum. Namun pompa ini biasanya menggunakan power listrik 3 phase.  Sehingga akan menyulitkan ketika mesin untuk kebutuhan usaha kecil di rumah.

Jenis pompa RO Grundfos pada paket jual mesin RO menggunakan type jenis multistage vertical type CR – 3 series, dengan voltage three phase.  Voltage three phase adalah jenis voltage yang sifatnya default, sedangkan voltage single phase adalah pilihan optional.

Pompa RO dengan merk Grundfos popular untuk perencanaan sistem yang bersifat heavy duty atau sistem spesifikasi khusus.  Sistem di farmasi yang menggunakan EDI sistem, lebih populer menggunakan pompa Grundfos.

3. Alternatif Pompa Mesin RO dengan Merek CNP

Pompa RO merk CNP juga menjadi pilihan yang baik, mengingat pompa ini lebih ekonomis.  Harga pompa RO CNP umumnya lebih rendah dari kedua pompa di atas.  Namun kualitasnya juga cukup memadai untuk paket jual mesin RO 1000 liter per jam.

Tidak seperti pompa RO FW dan Grundfos yang produksinya oleh pabrikan USA dan Denmark, pompa CNP adalah produksi China atau Taiwan.

Pompa RO ini memberikan pilihan penggunaan voltage yang lebih flexible, antara 3 phase dan 1 phase.  Harga pompa merek CNP ini lebih rendah dari merek Grundfos, sehingga sangat menentukan harga jual mesin reverse osmosis.

Pompa ini bagus juga untuk mesin air minum dengan RO, karena ada pilihan listrik 1 phase.  Untuk paket CSR air minum, lebih menyukai yang menggunakan power 1 phase. Karena mudah mendapatkan aliran listrik, dari pada menggunakan pompa 3 phase.

Mesin Air Minum Pabrik AMDK Menggunakan RO

Banyak pabrik AMDK yang menggunakan mesin air minum dengan RO.  Penggunaan sistem membran pastinya ingin membuat produk air yang berbeda dari kebanyak AMDK yang menyebutnya dengan istilah “air mineral”.  Dengan menggunakan membrane RO, maka tidak lagi menyebut air mineral tapi air demineral.

Fungsi lainnya dengan menggunakan mesin reverse osmosis sebagai mesin air minum adalah dengan menggunakan RO, maka pengusaha AMDK tidak perlu lagi mencari sumber dari gunung.  Cukup mengolah air tanah atau air PDAM, dan menjadikannya kualitas air minum sesuai SK Permenkes Air Minum Terbaru.

Alternatif menggunakan mesin RO adalah ketika sumber air gunung umumnya terletak lebih jauh dari pusat kota.  Sehinga masalah distribusi dianggap akan menimbulkan biaya lebih tinggi.  Alasan lainnya adalah tidak mempunyai sumber air gunung, sehingga alternatif menggunakan air tanah masih memungkinkan.

Pertimbangan lainnya menggunakan mesin RO adalah air RO akan menghasilkan TDS yang rendah.  Dengan TDS rendah juga bisa memodifikasi TDS sesuai kebutuhan