mesin air minum

Program CSR Danone Menyediakan Mesin Air Minum

CSR Danone tahun 2022 memilih bentuk menyediakan mesin air minum untuk kebutuhan masyarakat.  Indonesia yang begitu luas pastinya ada daerah yang tidak mempunyai fasilitas air bersih atau air minum.  Untuk itu banyak masyarakat berharap adanya bantuan sistem pengolahan air baik dari perusahaan dan yang lainnya.

Bantuan berupa mesin air minum sudah banyak dilakukan oleh perusahaan, departemen, serta pemerintah pusat dan daerah.  Perusahaan Danone group melalui CSR Danone ikut menyumbangkan mesin yang di fabrikasi oleh Mapurna Utama pada November 2022.

Adapun program CSR perusahaan oleh CSR Danone adalah menyediakan mesin pengolah air minum mobile dengan kapasitas 1500 liter per jam.

Mesin Air Minum Model Statis Atau Bergerak

Mesin Air Minum ini bisa di desain dengan model STATIS dan BERGERAK. Mobil bergerak biasanya menggunakan sistem Container (box) atau mobil truk. Mesin pengolahan air yang ada di dalamnya menggunakan ultrafiltrasi dan reverse osmosis.

CSR Danone

Kapasitas Sistem

Kapasitas sistem mesin air minum CSR Danone ini adalah 1500 liter per jam. Namun sistem juga mempunyai kapasitas pengolahan untuk kualitas air bersih sebesar 2500 liter per jam.

Teknologi Pengolahan Air

Mesin pengolah air minum ini menggunakan teknologi pengolahan air Ultrafiltrasi dan Reverse Osmosis. Serta untuk proses air minum menambahkan unit Ultraviolet. Tujuan CSR Danone ini hanya untuk mengolah sumber air kotor.

Spesifikasi Umum

Sistem mobile mesin air minum ini menggunakan sistem bergerak dengan menggunakan mobil Isuzu Elf 4 ban. Di dalam sistem sudah dilengkapi dengan flexible tangki air baku dan power generator. Sistem mempunyai alternatif power listrik dengan menggunakan power generator juga listrik PLN.

Aplikasi Pemakaian

Aplikasi dari mesin air minum hanya boleh untuk air baku dari air kotor dan bukan air berlumpur.  Sistem CSR Danone ini juga tidak bisa untuk air baku dari air laut atau air payau tinggi.  Untuk bisa di aplikasikan air laut, maka sebaiknya tidak menggunakan mesin jenis ini.  Namun bisa memilih sistem lainnya yaitu mesin air laut (SWRO) atau mesin air payau (BWRO).

Referensi Project Mesin Air Minum Untuk CSR Danone

Client : Danone Group

Category: Mobil Water Treatment

Date: November 2022

Apakah Arti CSR Seperti CSR Danone?

Apakah arti CSR Perusahaan? CSR akronim dari corporate social responsibility yaitu salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.  Bentuk kepedulian perusahaan adalah akuntabilitas sosial dan membuat dampak positif pada masyarakat.

Banyak bentuk dan jenis program CSR perusahaan, mulai dari program ramah lingkungan, kesehatan, keragaman, agama dan lainnya.  Sebagai contoh Danone CSR menyediakan mesin pengolahan air untuk menyiapkan sistem yang bisa berpindah ke beberapa tempat.

Mesin bantuan CSR Danone ini jenis mobile (bisa bergerak) paling banyak digunakan untuk kebutuhan CSR perusahaan.  Karena bisa juga menggunakan unit ini untuk kebutuhan lainnya seperti bencana atau event tertentu.

Biaya untuk pengadaan satu unit mesin air minum yang mobile system tentu tidak sedikit.  CSR Danone ini bisa memberikan donasinya untuk pengadaan dengan nilai yang cukup tinggi.  Untuk itu agar sistem ini bisa digunakan dan memliharanya, maka perlunya ada pelatihan untuk tim teknik.

Teknologi Mesin Air Minum Untuk Sistem Mobile

Teknologi mesin pengolah air minum dalam pengadaan CSR Danone ini adalah mesin ultrafiltrasi dan mesin reverse osmosis.  Kedua sistem ini berfungsi untuk merubah air kotor menjadi air minum.  Setelah produksi air minum, maka sistem akan menggunakan sterilisasi ultraviolet untuk membunuh bakteri dan virus.

Mapurna adalah perusahaan spesialis yang menyediakan berbagai jenis dan kapasitas mesin RO.  Agar bisa masuk di dalam sistem mobile, maka mesin air minum harus mempunyai desain khusus.  Desain ini tentu mengacu dari luasan yang tersedia dari rencana sistem mobile tersebut.

Pada sistem pengolahan air minum ini menggunakan juga pretreatment, berupa multimedia filter dan carbon filter.  Tujuan multimedia filter ini adalah untuk menangkap partikel yang lebih besar.  Selanjutnya membrane UF dan membrane RO.

Pada fabrikasi mesin mobile untuk CSR Danone ini menggunakan sistem yang ideal dan lengkap, Yaitu pretreatment, UF, RO dan Ultraviolet.  Serta ada juga flexible tangki air baku, yang mudah di lipat.

sistem pengolahan air bersih
Gambar Desain Sistem Pengolahan Air Bersih CRS Danone | Tampak Depan
CSR Danone
Gambar Desain Sistem Pengolahan Air Bersih CRS Danone | Tampak Belakang

Bagaimana Cara Kerja Mesin Air Minum Paket CSR Danone?

Sistem mesin air minum ini mampu untuk mengolah air kotor bukan berlumpur, menjadi air bersih dan air minum.  Sistem tidak efisien menggunakan air berlumpur, karena tidak menggunakan sistem clarifier.  Air yang mengandung TSS tinggi, tidak mungkin bisa di treatment dengan alat yang sederhana.

Pada tahap pertama, air baku akan di sedot oleh pompa air baku (pompa intake) dan di masukkan ke tangki air baku.  Pada paket CSR Danone ini menggunakan tangki air baku tipe tangki flexible, yang menyebutnya dengan istilah Flexi Tank.

Paket mesin air minum tidak menggunakan tangki storage dari stainless atau PE, agar tidak membutuhkan tempat yang luas.  Dengan mengurangi tangki, maka tidak membutuhkan kontainer box yang lebih besar.  Penggunaan flexi tank ini menjadi leluasa, karena bisa ditempatkan di luar dari box.

Dari air baku selanjutnya masuk ke sistem “screener”, yang bertujuan menyaring partikel besar.  Penyaringan partikel besar menjadi penting, agar tidak menempel pada komponen lainnya.

1. Sistem Pretreatment Mesin Air Minum

Sistem pretreatment mesin air minum berfungsi untuk menahan pada tahap awal air kotor sebelum masuk ke sistem utama.  Ada dua jenis pretreatment yaitu multimedia filter dan carbon filter.  Multimedia filter berfungsi untuk menurunkan kekeruhan, sedangkan carbon filter untuk menghilangkan bau dan warna.

Filter ini akan focus menggunakan air kotor, untuk itu harus lebih sering membersihkannya.  Cara membersihkannya adalah dengan melakukan backwash melalui triway valve yang terletak di atas tangki filter.  Karena menggunakan air kotor, maka frekuensi backwash harus lebih sering.

Media filter ini pada kondisi normal akan membutuhkan penggantian setahun sekali, atau maksimal 2 tahun sekali.  Namun untuk aplikasi mesin air minum yang mobile, lebih baik menggantinya 6 – 8 bulan sekali.  Tentunya apabila frekuensi penggunaan mobile CSR Danone ini lebih sering.

Biaya untuk penggantian media filter ini kurang lebih 4 – 5 juta untuk penggantian dua buah tangki filter.  Agar sistem water treatment selalu berfungsi, lebih baik selalu di operasionalkan.

2. Sistem UF Untuk Pengolahan Air Bersih

Setelah melalui pretreatment, mesin air minum akan mengolah air melalui membrane ultrafiltrasi.  Setelah membrane UF ini, maka akan mendapatkan air yang sudah bersih dan jernih kualitasnya.

Membrane UF mampu mengolah air dengan turbiditas yang tinggi, untuk itu harus lebih sering mencucinya.  Cara mencuci membrane UF yang ada sistem CSR Danone ini sangat mudah.  Cukup menyemprotkan air bersih dan mencelupkan ke air bersih, maka membrane UF bisa untuk operasional lagi.

Jenis UF yang digunakan pada mesin air minum ini bukanlah seperti UF jenis “stack” seperti membran umumnya.  Jenisnya adalah membrane yang terbuat dari material PVDF, sehingga tahan terhadap pencucian pada frekuensi lebih sering.

Sebagai komponen mesin air minum, maka membrane UF ini suatu saat harus menggantinya.  Indikator untuk mengganti adalah apabila kapasitas hasilnya sudah menurun secara drastis, misalnya 70%.  Biaya penggantian UF jenis ini sekitar 2 juta, dan bisa menghubungi tim sales mapurna untuk pengadaannya.

3. Membrane Nanofiltrasi Sebagai Komponen Utama Mesin Air Minum

Untuk mendapatkan kualitas hasil mesin air minum ini, maka sistemnya menambahkan membrane nanofiltrasi.  Membrane ini akan menurunkan TDS air juga mengurangi bakteri dan virus.  Dengan mineralogi yang lebih rendah, maka secara tidak langsung mengurangi risiko pertumbuhan bakteri pada air minum.

Sistem membrane nano filter sebagai mesin air minum akan merejeksi mineralogi air sekitar 90%.  Ini artinya bahwa nilai TDS atau konduktivitas air akan menurun drastis, sehingga hasilnya mungkin lebih rendah 30 ppm.  Bantuan CSR Danone ini dengan menggunakan UF dan NF, maka kualistas sangat terjamin.

Sama halnya sifat membrane yang ada pada mesin air minum apapun, maka suatu saat membutuhkan penggantian.  Indikator yang popular untuk menggantinya adalah ketika prosentase air baku lebih banyak dari air hasilnya.  Artinya kalau air produk hanya 50%, maka segera melakukan penggantian membrane NF.

4. Sistem Sterilisasi Dengan Ultraviolet

Setelah melalui proses pretreatment, UF dan Nano filter, selanjutnya air produk dari mesin air minum harus di sterilisasi sekali lagi.  Salah satu metode popular melakukan sterilisasi adalah dengan menggunakan ultraviolet unit.

Mobil CSR Danone ini, menggunakan sistem ultraviolet dengan kapasitas hampir 2 kali kapasitas desainnya.  Sehingga sisa mikrobiologi dari RO yang tumbuh, akan dengan mudah di sterilisasi.  Walaupun sesungguhnya sistem UF dan NF sudah membunuh bakteri, namun terkadang masih ada sisa mikrobiologi yang tumbuh.

Komponen utama yang menjadi inti dari sistem sterilisasi ultraviolet adalah Lampu UV dan Electronic Ballast.   Dalam pemeliharaan mesin air minum, komponen keduanya ini harus mendapatkan perhatian.  Dalam kondisi normal, lampu UV harus menggantinya setelah 8000 jam operasionalnya.

Sedangkan electronic ballast ini akan cepat rusak, sehubungan dengan voltage listrik.  Apabila tegangan listrik atau genset sangat bfluaktuasi, maka memicu komponen cepat rusak.  Penggantian keduanya ini membutuhkan biaya kurang lebih 3 – 4 juta, jika mengalami kerusakan secara bersamaan.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment